Image

Klaim Internet Digunakan di Perang Mahabarata, Menteri India Jadi Bahan Olok-Olok

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 18 18 1888277 klaim-internet-digunakan-di-perang-mahabarata-menteri-india-jadi-bahan-olok-olok-lAFgletC5K.jpg Biplap Dep. (Foto: Reuters)

NEW DELHI – Seorang menteri India menjadi bahan olok-olok warganet setelah mengklaim bahwa satelit dan internet telah ditemukan ratusan sampai ribuan tahun lalu oleh orang India kuno. Klaim nyeleneh itu dibuat oleh Menteri Negara Bagian Tripura, Biplab Deb dalam sebuah upacara publik pada Selasa.

"Internet dan komunikasi satelit telah ada pada zaman Mahabharata. Bagaimana mungkin Sanjaya (kusir Raja Drestarasta) memberikan penjelasan rinci dan deskripsi kepada sang raja yang buta tentang pertempuran Kurukshetra? Itu berarti ada Internet di sana, satelit dan teknologi itu ada di negara ini pada waktu itu," kata Deb sebagaimana dilansir Times of India.

Politikus berusia 46 tahun dari Partai Bharatiya Janata (BJP) itu mengatakan, negara Eropa dan Amerika Serikat mungkin mengklaim internet adalah penemuan mereka, tetapi sebenarnya internet dalah teknologi dari India. Dia mengatakan sejak era Mahabharata, India berada di puncak teknologi tetapi entah bagaimana di antara masa itu, teknologi tersebut hilang.

"Tapi, hari ini sekali lagi India telah mendapatkan kembali posisinya dalam teknologi di dunia dan dapat dibuktikan dari fakta bahwa sejumlah besar insinyur perangkat lunak memainkan peran penting di perusahaan-perusahaan Amerika Serikat," tambahnya seperti dikutip Straits Times, Rabu (18/4/2018).

Namun klaim Deb tersebut tidak mendapat banyak sambutan, bahkan membuatnya menjadi bahan olok-olok. Berdasarkan laporan BBC, “Tripura CM Biplap Deb” menjadi populer di Twitter dengan banyak warga India yang mengejek sang menteri.

Beberapa bahkan menyebut klaim tersebut sebagai sebuah gejala berbahaya di dalam pemerintahan negara itu.

"Anti-intelektualisme dan garis-garis agresif dari bagian-bagian BJP terus mengherankan dan membuat khawatir. Alih-alih memecahkan masalah hari ini mereka sibuk meromantisir masa lalu fiktif yang tidak pernah ada. Menyedihkan dan memalukan," kata seorang pengguna Twitter, Rupa Subramany.

BBC melaporkan bahwa Deb bukanlah pejabat India pertama yang mengklaim teknologi dan ilmu pengetahuan modern telah ditemukan di India kuno.

Pada 2014, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan pada pertemuan para dokter dan staf medis di sebuah rumah sakit Mumbai bahwa bedah kosmetik telah ada di India kuno.

September 2017, Menteri Pendidikan Muda, Satyapal Singh membuat orang-orang bingung ketika dia mengklaim bahwa pesawat itu diciptakan oleh sarjana India Shivkar Bapuji Talpade dan bukan Wright Brothers.

Sementara pada awal tahun ini Menteri Utama Gujarat, Vijay Rupani menyamakan roket yang dikembangkan oleh Organisasi Riset Luar Angkasa India dengan panah milik Rama, titisan Dewa Wisnu dalam legenda Ramayana. Rupani juga memuji “keterampilan teknik” Rama atas pembangunan Rama Setu, “jembatan” antara India dengan Sri Lanka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini