nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Robohnya Proyek Tol Manado-Bitung yang Tewaskan 2 Pekerja

Subhan Sabu, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 16:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 18 340 1888298 kronologi-robohnya-proyek-tol-manado-bitung-yang-tewaskan-2-pekerja-bajRXWnv07.jpg Proyek Tol Manado-Bitung roboh. (Foto: Ist)

MANADO - Konstruksi bangunan jembatan penghubung jalan raya utama by pass Manado-Bitung di Desa Tumaluntung Jaga XV, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara ambruk saat sementara melakukan pengecoran.

Jembatan dengan bentang 30 meter tersebut roboh hampir separuhnya, yakni sekira 15 bentang dan menimpa tiga orang pekerja yang berada di bawahnya, serta ikut menyeret 14 orang pekerja lainnya yang berada di atas konstruksi jembatan.

Akibatnya, 15 orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit terdekat, sementara kedua orang lainnya dinyatakan tewas setelah tertimbun material cor selama 12 jam.

(Proses evakuasi robohnya tol Manado-Bitung. Foto: Ist)

"kejadiannya saat akan pengecoran jadi yang empat belas orang ini posisinya di atas, yang tiga ini di bawah, ngecek apakah cor-coran itu masih ada yang bocor atau tidak, jadi dia masuk ke bawah bawah cor-coran," jelas Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito usai berkunjung ke lokasi kejadian, Rabu (18/4/2017).

(Baca juga: Polda Sulut Hentikan Sementara Proyek Jembatan Penghubung Jalan Tol Manado-Bitung)

Penyebab kejadian tersebut menurut Kapolda Sulut masih belum diketahui karena masih dalam proses penyelidikan, pengumpulan barang bukti serta pengambilan keterangan saksi-saksi.

"Sekarang proses penyidikan itu masih berjalan," ujar Kapolda Sulut.

Sekitar 17 orang pekerja proyek pembangunan jalan Tol Manado-Bitung mengalami kecelakaan akibat runtuhnya konstruksi bangunan jembatan. Pengecoran pelat lantai jembatan itu tiba-tiba ambruk dan menimpa 17 pekerja di bawahnya. 15 orang pekerja berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat sementara 2 orang di antaranya ditemukan dalam kondisi tewas setelah tertimbun sekitar 12 jam lamanya.

(Baca juga: Proyek Tol Manado-Bitung di Minahasa Utara Roboh, 17 Tertimbun 2 Orang Tewas)

15 orang korban sampai saat ini masih mendapat perawatan medis di rumah sakit sementara ke dua orang korban meninggal sudah dipulangkan ke kampung halaman.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini