nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

13.525 Siswa Siap Bersaing Menuju Ajang Olimpiade Sains Nasional

Susi Fatimah, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 17:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 65 1888369 13-525-siswa-siap-bersaing-menuju-ajang-olimpiade-sains-nasional-mBJclVAxU2.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Sebanyak 13.525 siswa terbaik dari 9 bidang sains siap bersaing dalam ajang Olimpiade Sains Tingkat Provinsi (OSP) yang dilaksanakan serentak di seluruh provinsi pada 17-19 Apri 2018.

OSP ini merupakan seleksi penentuan, lolos atau tidaknya mereka ke tingkat yang lebih tinggi lagi yakni Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, pada 1-7 Juli 2018.

Bidang yang diperlombakan dalam olimpiade kali ini yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

Direktur Pembinaan SMA Purwadi Sutanto mengatakan, pada tahun ini, Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi terbanyak yang mengikutkan peserta ke ajang seleksi provinsi yaitu sebanyak 1.149 siswa. Namun dalam ajang ini, semua provinsi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk meraih prestasi.

Purwadi mengatakan, seleksi olimpiade sains dalam rangka menjaring siswa SMA yang memiliki potensi, bakat, dan minat dalam bidang sains. Sebab, bibit-bibit masa depan yang akan menjadi motor generasi emas Indonesia di masa mendatang.

"Olimpiade ini kita laksanakan secara berjenjang, harapannya adalah memberi kesempatan yang sama kepada seluruh siswa SMA untuk berkompetisi. Jadi tidak ada batasan, misalnya, hanya sekolah-sekolah bonafit atau tertentu saja yang bisa ikut. Semua punya kesempatan sama, baik itu sekolah yang ada di kota sampai yang di pelosok sana," ujar Purwadi dalam siaran persnya, Rabu (18/4/2018).

Selain itu, lanjut Purwadi, menjadi sebuah kebanggaan bila bisa meraih prestasi dalam ajang ini baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional. Menurutnya, dengan adanya olimpiade sains ini maka akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan ke depannya.

"Semoga pada OSP tahun ini kita akan mendapatkan siswa-siswa terbaik yang akan maju ke tingkat nasional, lalu kemudian juga menjadi wakil Indonesia ke tingkat internasioal," tuturnya.

Sementara itu, Kasubdit Peserta Didik Suharlan mengatakan, mekanisme dalam OSP ini diharapkan terus ditingkatkan. Seperti diketahui, fokus pendidikan menengah ditangani oleh provinsi, sehingga diharapkan pelaksanaan proses seleksi secara berjenjang didukung oleh dana APBD Provinsi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini