Harimau Bonita yang Serang 2 Warga Riau Akhirnya Tertangkap

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Jum'at 20 April 2018 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 20 340 1889531 harimau-bonita-yang-serang-2-dua-warga-riau-akhirnya-tertangkap-TWjKHj1ol0.jpg Petugas gabungan sedang mengevakuasi harimau Bonita. Foto Ist

PEKANBARU – Harimau bernama Bonita yang telah menyerang dua orang akhirnya tertangkap di Pelangiran Kabupaten, Indragiri Hilir, Riau.

Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony mengatakan , Bonita ditangkap di Blok 76-77, Afdeling IV, Kebun Eboni PT THIP (Tabung Haji Indo Plantation) di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran.

"Penangkapan harimau dilakukan sekitar pukul 06.00 WIB," ucap AKBP Christian Rony Jumat (20/4/2018).

Penangkapan itu berawal saat tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan patroli di lokasi.

Saat itu petugas melihat harimau Bonita melintas. Namun, karena jaraknya masih terlalu jauh, tim bergerak mendekat. Kemudian setelah jarak yang dianggap ideal, petugas menembak Bonita dengan peluru bius

"Bonita ditembak bius," ucapnya.

Harimau Bonita telah menyerang dua Jumiati, karyawati PT THIP pada 3 Januari 2018. Kemudian pada 10 Maret, harimau sumatera itu kembali menyerang warga bernama Yusri. Keduanya diterkam di bagian tengkuk.

Organisasi pencinta alam internasional WWF menyatakan bahwa penyerangan harimau ke manusia di Inhil disebabkan hutan beralih fungsi menjadi perkebunan sawit oleh PT THIP dan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi yang merupakan anak perusahaan Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP). Petugas sudah beberapa kali menembak bius Bonita, namun si raja hutan ini bangun lagi walau sempat tergeletak.

Perburuan harimau Bonita dilakukan selama berbulan bulan. (fzy)

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini