nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadiri Seba Baduy, SBY: Ini Warisan Nenek Moyang

Rasyid Ridho , Jurnalis · Sabtu 21 April 2018 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 21 340 1889605 hadiri-seba-baduy-sby-ini-warisan-nenek-moyang-93xBa9SshL.jpg SBY hadiri Seba Baduy (Foto: Rasyid/Okezone)

LEBAK - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengaku senang bisa menyaksikan langsung upacara adat Seba Baduy di Pendopo Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten. SBY baru pertama kali melihat prosesi ritual tahunan masyarakat adat Baduy.

"Ini (seba baduy) merupakan warisan nenek moyang kita. Baduy, dengan segala nilai budaya dan adatnya. Saya senang sekali (bisa hadir), ini yang pertama kali saya ke Lebak sebagai mantan presiden," kata SBY kepada wartawan, Jumat (20/4/2018).

 

Ketua Umum Partai Demokrat itu juga berharap kepada pemerintah daerah dan pusat dapat menjaga dan memberikan perhatian lebih kepada masyarakat adat seperti Baduy.

“Saya amat bersyukur dan senang bisa melihat ini (dialog masyarakat baduy dengan pemda). Saya menikmati dialog segar dan yang disampaikan oleh tokoh Baduy tadi menurut saya pas benar,” ujarnya.

Kehadiran SBY ke Seba Baduy merupaka rangkaian tour de Banten yang dilajukan selama tujuh hari sejak kemarin. SBY didampingi Ani Yudhoyono menjadi suatu kesempatan warga baduy melihat secara langsung mantan presiden RI.

 

SBY menilai, Banten khususnya Lebak dengan kelebihannya dapat maju dan dapat lepas dari predikiat daerah tertingal. Apaalgi dengan nilai-nilai religius yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

“Kalau rakyatnya sungguh ingin mendapat kemajuan mereka berikhtiar tingal pemerintah mendengarkan aspirasi dan sekuat tenaga mewujudkannya," tandasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini