nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Israel Tangkap 15 Agen Hamas Setelah Pembunuhan Insinyur Palestina di Malaysia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 23 April 2018 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 23 18 1890330 israel-tangkap-15-agen-hamas-setelah-pembunuhan-insinyur-palestina-di-malaysia-WlXZAAhnup.jpg Foto: Reuters.

TEPI BARAT – Militer Israel mengatakan telah menangkap hingga 15 orang agen kelompok Hamas dalam sebuah penggerebekan pada Minggu. Israel mengklaim bahwa mereka yang ditangkap dicurigai bekerjasama dengan agen Hamas yang cukup dikenal di Gaza dengan tujuan memperluas operasinya di Tepi Barat.

Diwartakan New Arab, Senin (23/4/2018), Penggerebekan tersebut dilakukan militer Israel beberapa jam setelah Hamas menuduh Negara Zionis itu terlibat dalam pembunuhan anggota mereka, seorang insinyur roket, Fadi al-Batsh di Kuala Lumpur, Malaysia dan berjanji akan melakukan pembalasan.

BACA JUGA: Insinyur Palestina Ditembak Mati di Kuala Lumpur, Mossad Diduga Bertanggungjawab

Pihak berwenang Malaysia mengatakan, al-Batsh dibunuh oleh dua orang tersangka yang diduga memiliki hubungan dengan agen intelijen asing. Hamas menduduh dinas intelijen Israel, Mossad yang juga dianggap bertanggungjawab atas pembunuhan beberapa peneliti Palestina lainnya berada di balik serangan tersebut.

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman membantah tuduhan tersebut dan menyatakan Israel tidak terlibat dalam pembunuhan al-Batsh. Lieberman mengatakan, al-Batsh terbunuh karena pertikaian di antara faksi-faksi Palestina.

BACA JUGA: Kepolisian Malaysia Rilis Foto Tersangka Pembunuhan Insinyur Palestina

Ketegangan antara Hamas dan Israel memuncak dalam beberapa pekan terakhir terutama menyusul jatuhnya korban jiwa dalam demonstrasi besar-besaran warga Palestina di sepanjang perbatasan Israel-Gaza. Demonstrasi tersebut menuntut hak kembali bagi para pengungsi Palestina dan memprotes pembentukan negara Israel pada 1948.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini