DPR Pertanyakan Hasil Investigasi BPOM soal Sarden Bercacing

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 23 April 2018 05:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 23 337 1890104 dpr-pertanyakan-hasil-investigasi-bpom-soal-sarden-bercacing-CGWwBiqrGF.jpg Anggota Komisi X DPR RI, Irma (foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Irma Suryani Chaniago mempertanyakan hasil investigasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyatakan ikan sarden makarel sudah aman.

"Ikan sarden kaleng itu sudah di investigasi oleh BPOM dan menurut Ketua BPOM saat ini sudah aman. Saya tidak tau yang dimaksud “sudah aman itu” bagaimana ?," katanya kepada Okezone, Senin (23/4/2018).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, sebenarnya Komisi IX sudah menerima surat dari Konsorsium Importir Macarel, yang diterima langsung oleh Ketua Komisi IX Dede Yusuf, namun sayangnya dirinya hingga saat ini belum mengetahui isi surat tersebut.

"Menurut informasi dari ketua Komisi IX Dede Yusuf, komisi IX menerima surat dari konsorsium importir macarel, tapi saya belum tau apa isi surat itu ! Apa pun isi dan maksud surat tersebut, menurut saya, kita harus menghindari pemakaian bahan baku ikan dari jenis Macarel," ucapnya.

Irma melanjutkan hingga saat ini, pihaknya tidak sepakat dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Nilla F Moeloek terkait bahwa cacing dalam kemasan ikan kaleng itu sangat bergizi.

"Saya tidak sepakat dengan Menkes yang mengatakan cacing di dalam ikan kaleng macarel bergizi ! Yang saya faham cacing dalam ikan kaleng selain bisa bikin alergi dan sakit perut jika memasaknya tidak benar juga menjijikkan," ungkapnya.

Oleh karenanya, Irma mengimbau agar kasus tersebut, pemerintah mengambil langkah untuk tidak memberikan ijin atas produk tersebut.

"Sejak awal kasus ini merebak saya saran kan pemerintah tidak keluarkan izin import ikan jenis ini, Selain menjijikkan karena mengandung cacing, devisa yang dihasilkan juga tidak seberapa," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini