nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankan Pilkada hingga Asian Games, Brimob Diberi Pelatihan Khusus

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 23 April 2018 11:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 23 337 1890206 amankan-pilkada-hingga-asian-games-brimob-diberi-pelatihan-khusus-YZHKliA5Oi.jpg

DEPOK - Danpas Gegana Korbrimob Polri Brigjen Imam Widodo mengatakan dalam rangka menyambut kegiatan Nasional seperti Asian Games, Pemilu dan Hari Buruh atau May Day Korps Brimob Polri siap menerjunkan personel dalam mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi intinya Korps Brimob Polri ini merupakan power on handnya bapak Kapolri (Jendral Tito Karnavian) sebagai wujud tanggung jawab secara moral, bawa Korps Brimob Polri siap untuk digerakan. Sehingga tujuan dari apel kesiagaan 1x24 ini Korps Brimob siap mengamankan dari Sabang sampai Merauke," ucapnya saat Apel Pasukan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Senin (23/4/2018).

"Sesuai dengan yang ada Pilkada serentak kemudian kesiapan juga untuk Asian games, perencanaan IMF untuk sidang di Bali, dan Pilpres serta kalender Kamtibmas itu May Day juga. Yang jelas Polri dalam hal ini Korps Brimob Polri siap untuk memberikan pelayanan dan pngamanan kepada sluruh masyarakat dan bangsa Indonesia," lanjutnya.

Dia menyebutkan dalam tahun ini ada beberapa kegiatan Nasional yang harus diamankan, agar kemanan di masyarakat tetap kondusif dan stabil. Ia pun menegaskan dalam mengamankan sejumlah even yang ada para personel Brimob juga sudah dibekali pelatihan khusus dalam menangani setiap masalah seperti penjinak bom dan antiteror.

"Untuk pelatihan itu diserahkan kesatuan masing-masing seperti halnya untuk pasukan gegana. Kita juga siapkan beberapa unit wanteror dan jibom untuk beberapa venue di Jakarta, Jabar dan Wilayah Sumsel. Kita kerjasama dengan satbrimob daerah. Kita udah melaksanakan pengecekan beberpa venue," tegasnya.

Imam menjelaskan terkait personel yang di turunkan bersifat situasional, seberapa pun yang diminta pihaknya mengaku tidak ada masalah yang berarti.

"Kalau untuk brimob dlm hal ini khususnya gegana kita siapkan unit gegana jibom wanteror. Kita sampaikan untuk unit saja. Nanti jumlah pers brkembang dengan situasi," paparnya.

Sementara itu Danpas Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Verdianto Iskandar mengaku pihaknya pun telah siap dalam mengamankan unjuk rasa terkait hari buruh yang akan serentak di gelar di seluruh Indonesia terutama pengamanan hari buruh di Inu Kota Jakarta.

"Untuk mayday rencana tgl 1 mei ada beberapa tempat, teman teman Intel juga sudah bekerja, jadi ada beberapa lokasi yg menjadi sasaran demo. Tapi ini hampir di seluruh Indonesia. Yang sebagian besar nanti ada di Monas merdeka Barat kemudian ada yang bergerak ke Gelora Bung Karno (GBK). Ada yang ke GBK, ada beberapa yang langsung bubar di Monas. Mudah-mudahan tidak usahlah sampai GBK. Tapi ini masih tahap penjajakan. Mudah-muadahanan cukup sampai GBK saja karena sebenarnya di GBK itu 2016 sudah pernah deklarasi di sana. Jumlah pers kita maksimalkan," imbunya.

Verdianto mengungkapkan terkait personel yang akan diterjunkan saat hari buruh bersifat situasional yang intinya akan diimbangkan dengan jumlah massa yang turun nantinya.

"Cukup kita cukup. Kekuatan massa dan petugas keamanan kita imbangkan. Tapi jumlah personel tidak inilah untuk saya sampaikan, biasanya yang dilaporkan besar-besar seperti 100rb tapi jumlah massa riilnya ya mungkin di bawah itu. Mungkin 10-20 persennya," pungkas Verdianto

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini