500 Siswa Adu Strategi Dalam Kompetisi Robotic Nasional

Hambali, Okezone · Senin 23 April 2018 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 23 65 1890252 500-siswa-adu-strategi-dalam-kompetisi-robotic-nasional-FeZq4tKL7Q.jpg Foto: Hambali/Okezone

TANGSEL - Sebanyak 500 siswa tingkat SD dan SMP mengikuti Indonesian Youth Robotic Competition (IYRC) 2018 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, baru-baru ini.

IYRC 2018 merupakan ajang tahunan yang rutin digelar oleh IYRA. Event bertema "Robot Helping People" tersebut diikuti oleh 500 siswa yang berasal dari berbagai daerah yang dibagi kedalam beberapa tim untuk mengikuti 8 kategori, yakni IOT Games, Kinder Mission, Super Maze Solving, Push-Push Sumo, Creative, Brick Speed, Humanoid Marathon, dan Humanoid Boxing.

"Pesertanya ada 500 siswa, ini dari berbagai daerah. Jadi lomba ini juga sebagai ajang seleksi untuk mengikuti perlombaan tingkat internasional yang akan digelar di Thailand," ujar Ketua International Youth Robot Association (IYRA) Regional Indonesia, Firdiansyah, kepada Okezone, Senin (23/4/2018).

Ia menambahkan, lomba Robotik ini diharapkan juga dapat mengasah kemampuan siswa sejak dini di bidang Science Technology, Engineering dan Math (STEM), kerjasama tim, serta penajaman terhadap logic think siswa.

Tantangan ke depan, lanjut dia, para siswa dituntut untuk memiliki kreativitas dan kemampuan teknologi, serta menjadi problem solver, dan tentunya juga menjadi sarana untuk melatih entrepreneurship skill berbasis technology.

Salah satu peserta dari SMPN 4 Tangsel, Tubagus Aviciena Fauzan, mengaku telah mengikuti dua kali perlombaan serupa. Namun kali ini, dia lebih tertantang karena pemenangnya akan diberi kesempatan mewakili Indonesia di ajang internasional.

"Sudah 2 kali, waktu itu lomba di Jakarta. Tapi sekarang jadi lebih semangat, karena yang juara nanti dikirim lomba ke luar negeri," ungkap Fauzan yang memilih kategori lomba Robot Soccer.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini