Jelang Ramadan, Pemprov Jambi Akan Pidanakan Pedagang yang Timbun Sembako

Azhari Sultan, Okezone · Selasa 24 April 2018 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 24 340 1890882 jelang-ramadan-pemprov-jambi-akan-pidanakan-pedagang-yang-timbun-sembako-0vBeBWk46q.jpg Ilustrasi satgas pangan (Foto: Okezone)

Jambi -- Jelang ramadan, Pemprov Jambi akan melakukan tindakan tegas kepada para pedagang dan pengusaha yang melakukan penimbunan sembilan bahan pokok yang berimbas pada sulitnya masyarakat mendapatkan sembako jelang ramadan.

Hal tersebut, ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto, apabila ada pengusaha atau pedagang yang menyimpan atau menimbun bahan pokok, yang dapat menyebabkan bahan pokok menjadi langka dan mengakibatkan kenaikan harga mereka dapat terkena pidana.

"Mereka yang menimbun bahan pokok yang diperlukan masyarakat itu ketika terjadi kelangkaan dan menaikkan harga. Nah menurut Pak Kapolda, tim mereka juga bisa turun dan itu dianggap melakukan tindakan pidana," kata Sekda, Selasa (25/4/2018).

Dia menilai, penimbunan bahan pokok tersebut biasanya jelang menghadapi hari besar keagamaan, seperti bulan puasa atau Ramadan. Diakuinya, dirinya juga akan memantau seluruh pasar yang ada di kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jambi.

Nantinya, bila ditemukan kenaikan harga, sambung Dianto, Bulog Jambi siap untuk interversi ke seluruh pasar tradisional di kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi untuk menstabilkan harga. Karena Bulog memiliki produk andalan, yakni beras, gula dan minyak sayur.

"Mereka bisa membantu kita. Kapanpun satgas pangan mau turun, mereka akan siap melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga," tegas Dianto.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini