Peringati Hardiknas, Sejumlah UPT Gelar Rangkaian Lomba

Susi Fatimah, Okezone · Rabu 25 April 2018 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 25 65 1891321 peringati-hardiknas-sejumlah-upt-gelar-rangkaian-lomba-PNaLjVix7S.jpg Foto: Susi/Okezone

MATARAM - Dalam rangka memperingati Hari Kartini sekaligus Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar sejumlah serangkaian lomba yang digelar mulai 21 April hingga 3 Mei 2018. Peserta lomba meliputi guru dan siswa.

Salah satu UPT yaitu Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTB menggelar lomba kesenian tradisional gendang belek dan lomba menyanyi solo serta lomba-lomba yang diikuti oleh anggota Dharma Wanita LPMP NTB, seperti lomba membuat ketupat dan lomba merias wajah.

Pantauan Okezone, Rabu (25/4/2018), puluhan anggota Dharma Wanita LPMP NTB nampak antusias mengikuti lomba membuat ketupat dan merias wajah dengan ditutup mata. Para ibu-ibu tersebut sibuk menganyam ketupat, yang merupakan makanan khas saat Idul Fitri. Gelak tawa juga mengiringi saat perlombaan merias wajah dengan ditutup mata.

Ketua LPMP NTB, Minhajul Ngabidin mengatakan, rangkaian kegiatan yang digelar pada momen Hardiknas ini diharapkan dapat meningkatkan semangat untuk memajukan mutu kualitas pendidikan. Selain itu, momen ini juga menjadi kesempatan bagi semua pihak yang terkait dengan dunia pendidikan untuk menunjukan prestasi yang telah dicapai.

Selain LPMP, sambung dia, UPT lainnya juga menggelar rangkaian lomba seperti Kantor Bahasa menggelar pemilihan duta bahasa dan musikalisasi puisi. Sementara BP PAUD menggelar lomba mewarnai untuk murid PAUD dan lomba mendongeng untuk para guru PAUD.

Lebih lanjut Minhajul menambahkan, dalam rangkaian puncak peringatan Hardiknas juga akan digelar pameran pendidikan, pemutaran film pendidikan, parade budaya nusantara dan panggung hiburan. Selain itu, juga akan diadakan ziarah ke makam pahlawan nasional di bidang pendidikan yaitu Tuan Guru Haji Zainudin Abdul Majid yang terletak di Lombok Timur, NTB.

"Beliau adalah Pendiri Nahdatul Wathan. Setelah itu akan ada dialog pendidikan pesantren," ujar Minhajul kepada Okezone.

 Hardiknas

Barulah, pada Senin 7 Mei 2018 akan digelar puncak peringatan Hardiknas yang dilaksanakan di Lombok City Center dan diikuti oleh seluruh unit pendidikan dari 34 provinsi. Para pemenang lomba nantinya berkesempatan mengisi hiburan di puncak peringatan Hardiknas tersebut.

Di lokasi berbeda, Analis Kata dan Istilah Kantor Bahasa NTB Hartini mengatakan, pihaknya rutin menggelar pemilihan Duta Bahasa untuk menjaring putra putri terbaik daerah untuk mengikuti Duta Bahasa tingkat provinsi yang kemudian dilanjutkan di tingkat nasional.

Sebelum mengikuti seleksi, para calon peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan seperti menguasai tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa daerah dan bahasa asing. Tahun ini ada 100 peserta yang mengikuti pemilihan Duta Bahasa ini. Nantinya para peserta ini akan diseleksi hingga terpilih satu pasang (dua orang) yang akan mewakili NTB di tingkat nasional pada Agustus 2018.

"Tahun lalu kami terbaik keempat karena program kerja yang ditawarkan Duta Bahasa NTB cukup menarik yaitu Kuis Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi serta Program Benteng Kebahasaan di Pesantren," tuturnya.

Untuk menjaring peserta, sambung Hartini, pihaknya melakukan audiensi ke kampus-kampus seperti IKIP Mataram, Universitas Muhamadiyah, STMIK dan lain-lain.

Menurutnya, Duta Bahasa menjadi wadah menggali potensi bagi putra putri daerah sekaligus pelestarian bahasa daerah agar tidak punah. 

Hardiknas

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini