nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menengok Tokoh di Balik Pembentukan Kabupaten Pasangkayu

Joni Banne, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 11:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 26 340 1891604 menengok-tokoh-di-balik-pembentukan-kabupaten-pasangkayu-g58KCmdsU4.jpg

PASANGKAYU - Pasangkayu adalah sebuah kabupaten paling utara di Provinsi Sulawesi Barat, sederet pembangunan kini mulai berkembang pesat di usianya yang ke 15 tahun yang baru-baru ini dirayakan oleh pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Agus Ambo Djiwa Bupati Pasangkayu.

Bila berbicara Pasangkayu tentu harus berbicara tentang Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu (KAPKP), yang tidak luput dari peran seorang Tokoh Kharismatik Yaumil Ambo Djiwa. Menyebut nama Yaumil Ambo Djiwa di kalangan masyarakat Pasangkayu, umumnya Sulawesi Barat tidaklah asing, Sang Inisiator pembentukan KAPKP (H Yaumil-red) yang juga dikenal sebagai sesepuh ini tidak diragukan lagi dalam hal memperjuangkan masyarakat Kabupaten Pasangkayu.

Yaumil Ambo Djiwa, tokoh inisiator terbentuknya Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu (KAPKP)dikenal sebagai sosok yang bermasyarakat dan mempunyai ciri khas murah senyum yang selalu melekat pada dirinya. Yaumil dalam kesehariannya bila berbicara persoalan masyarakat di daerahnya, tak ada kata lelah baginya, karena dirinya menganggap "dia hadir untuk daerah dan demi menggapai kesejahteraan bersama Masyarakat Kabupaten Pasangkayu".

Yaumil Ambo Djiwa, saat diwawancarai di kediamannya, beberapa Waktu Lalu, dengan rendah hati mengatakan bahwa apa yang diperbuatnya semata-mata demi kebersamaan dan dirinya bekerja ikhlas tanpa sedikitpun berharap imbalan dari apa yang telah diperbuatnya.

Selain itu, politisi senior Partai Golkar Kabupaten Pasangkayu ini juga mengatakan, saat mengeluarkan ide, gagasan dalam membentuk KAPKP sebagai daearah otonomi baru berharap, dengan terbentuknya Kabupaten Pasangkayu maka dapat membawa daerahnya dari tertinggal menjadi daerah maju dan mampu bersaing serta dapat dikenal oleh daerah lain juga dapat membawa masyarakat lebih maju, sejahtera dan bermartabat.

"Dahulu, dengan melihat suasana daerah ini, serasa sesak di dada saya. Apa lagi saya tahu, masyarakat kami mampu berbuat yang lebih baik," ungkapnya.

Pria dengan penampilan sederhana ini juga mengatakan, saat itu hatinya merasa sangat terpukul dan iba dengan melihat daerah serta masyarakatnya yang sangat terosilir dan tertinggal. Padahal menurutnya, Pasangkayu memiliki kekayaan alam, laut dan perut Bumi yang begitu melimpah.

"Daerah kami sangat kaya, sehingga saya menganggap tak ada kata yang tak mungkin, bila kami ingin bangkit bersama," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini