nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Indonesia Dukung Penuh Perdamaian Korsel dan Korut

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 05:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 01 18 1893165 jokowi-indonesia-dukung-penuh-perdamaian-korsel-dan-korut-vs83Km3wPx.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas masalah perdamaian Korea Selatan dan Korea Utara bersama duta besar dari kedua negara itu. Kepala Negara menekankan bahwa Indonesia mendukung penuh proses perdamaian kedua negara tersebut.

"Intinya, Indonesia sangat mendukung proses perdamaian yang ada," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Jokowi mengaku, telah mendapat penjelasan mengenai tindak lanjut dari pertemuan bersejarah antara Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Bahkan, menurut dia, Indonesia akan mendukung penuh agar proses perdamaian berlanjut ke dalam sebuah kesepakatan-kesepakatan yang bisa berdampak pada perdamaian di kawasan asia dan seluruh dunia.

 

"Dan, beliau tadi menceritakan akan ada proses tindak lanjut dari pertemuan kedua Presiden baik nantinya pertukaran keluarga yang terpisah dan kemudian juga proses dalam pembangunan kantor untuk penghubung komunikasi dari Korsel dan Korut," ujar Jokowi.

Pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara menggelar pertemuan pada Jumat, 27 April 2018. Kim Jong Un tercatat menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang datang ke Korea Selatan setelah lebih dari 50 tahun berlalu.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menyambut kedatangan Kim Jong Un di Garis Demarkasi Militer atau Demilitarized Zone (DMZ). Keduanya bergandengan tangan saat berjalan di karpet merah menuju Peace House atau Gedung Perdamaian di Panmunjom, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini