nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Media Korsel: Kim Jong-un dan Trump Kemungkinan Bertemu di Singapura

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 16:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 07 18 1895418 media-korsel-kim-jong-un-dan-trump-kemungkinan-bertemu-di-singapura-ulFWwWC6nk.jpg Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Reuters)

SEOUL – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un kemungkinan besar akan bertemu di Singapura pada Juni. Laporan surat kabar Korea Selatan mewartakan hal itu sebagai antisipasi pembicaraan antara dua pemimpin negara yang saling berseteru itu.

Pada akhir pekan lalu, Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Korea Utara telah menyetujui tanggal dan lokasi pertemuan puncak tersebut tanpa menjelaskan detail lebih lanjut. Jika nantinya terjadi, maka peristiwa itu akan menjadi pertemuan pertama antara pemimpin Korea Utara dan Amerika Serikat.

BACA JUGA: Korsel-Korut Setuju Denuklirisasi Korea dan Akhiri Perang Tahun Ini

"Kami akan segera mengumumkannya," kata Trump kepada reporter akhir pekan lalu.

Chosun Ilbo dilansir AFP, Senin (7/5/2018)melaporkan, menurut sumber diplomatik yang mengutip pernyataan penasihat Keamanan Nasional Trump, John Bolton, pertemuan bersejarah itu akan berlangsung pada pertengahan Juni.

Surat kabar itu mengatakan bahwa kemungkinan Singapura menjadi tuan rumah pertemuan penting itu telah "semakin besar", setelah Trump memutuskan untuk menjadi tuan rumah bagi presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Gedung Putih akhir bulan ini.

BACA JUGA: Trump: Waktu dan Lokasi Pertemuan dengan Kim Jong-un Telah Ditetapkan

Laporan serupa yang dilansir kantor berita Korea Selatan Yonhap akhir pekan lalu juga mengatakan Singapura semakin kuat sebagai lokasi favorit untuk pertemuan puncak KTT itu.

Beberapa lokasi lain yang juga dinominasikan untuk menjadi tuan rumah pertemuan antara Trump dan Kim antara lain Desa Panmujom di zona demiliterisasi, Mongolia, Swiss dan Thailand.

Persiapan untuk pertemuan penting itu telah mendapatkan momentum sejak KTT antar-Korea akhir bulan lalu. Dalam KTT yang mempertemukant Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan itu, Seoul dan Pyongyang berjanji untuk mengejar upaya denuklirisasi secara total di Semenanjung Korea dan perjanjian perdamaian resmi untuk mengakhiri Perang Korea 1950-53.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini