nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berani Lapor Joki SBMPTN, Unair Beri Hadiah hingga Rp100 Juta!

Nurul Arifin, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 19:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 08 65 1895983 berani-lapor-joki-sbmptn-unair-beri-hadiah-hingga-rp100-juta-R0ujr8LdTW.jpg Ilustrasi. Foto: Taufik Budi/Okezone

SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya masih memberlakukan sayembara terkait praktik perjokian dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Bahkan, pihak Unair Surabaya akan memberikan imbalan sejumlah uang seperti yang dijanjikan oleh para joki.

Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair Suko Widodo mengatakan, misalnya ada calo yang menjanjikan masuk Unair dengan membayar Rp100 Juta, maka si pemberi informasi akan mendapatkan nominal yang sama seperti yang dijanjikan oleh calo tersebut.

"Ini juga berlaku untuk SNMPTN dan Seleksi Jalur Mandiri nanti. Informasikan saja kepada kami apabila mendapati adanya indikasi kecurangan," kata Suko, Selasa (8/5/2018).

Lebih jauh Suko menjelaskan, tahun ini Unair menyediakan kuota 2.040 kursi untuk calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN ini dibuka mulai 5-27 April 2018. "Di antara beragam jurusan, kedokteran dan manajemen yang menjadi primadona para calon mahasiswa," jelasnya.

(Baca juga: Hasil Ujian SBMPTN 2018 Diumumkan Selasa 3 Juli 2018)

Ia juga menjamin, bahwa dalam SBMPTN ini akan bersih dari praktik percaloan dan perjokian. Selain ketatnya pengawasan, sejumlah tim juga dilibatkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Ia juga berharap para orang tua juga tidak percaya dengan tawaran-tawaran masuk Unair dengan jalan pintas dan tentunya memberikan imbalan tertentu.

"Kami akan mengambil jalan tegas untuk mengantisipasi perjokian dan pihak-pihak yang menjanjikan bisa masuk Unair lewat jalan pintas. Siapa pun yang memberikan informasi A1 (akurat) tentang penipuan untuk masuk Unair dan memberi tahu adanya joki, Unair akan mengganjarnya hadiah. Hadiahnya disesuaikan dengan temuan di lapangan," pungkasnya.

Sementara itu, Unair Surabaya berada di Panlok 50 Surabaya bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim, dan Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Sedangkan peserta di Panlok 50 Surabaya sebanyak 60.727 Peserta.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini