Image

Pabrik Wuling Seluas 60 Hektar Mampu Memproduksi 15 Mobil Setiap Jam

Mufrod, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 17:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 09 15 1896392 pabrik-wuling-seluas-60-hektar-mampu-memproduksi-15-mobil-setiap-jam-kS0pxJGwJU.jpg Pekerja merakit Wuling Confero (Foto: Ist)

CIKARANG - Wuling Motors memiliki pabrik perakitan di kawasan Cikarang, Jawa Barat dengan luas mencapai 60 hektare. Area wilayah tersebut terbagi dua 30 hektar digunakan untuk produksi dan sisanya untuk area suplier suku cadang.

"Seluruh area produksi dan suplier kita memiliki luas mencapai 60 hektar yang semuanya dibagi mejadi dua produksi dan suplier," ungkap Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana.

Dari luas kapasitas produksi 30 hektare pabrik Wuling mampu merakit dua model Confero dan Cortez. Sejam pabrik yang menganut sistem dengan standarisasi produksi General Motors mampu menghasilkan 15 unit mobil, dalam kondisi tertentu kapasitas produksi pabrik bisa ditingkatkan menjadi 25 unit.

Pabrik Wuling juga telah melakukan autonomisasi atau menggunakan robot hingga 50 persen, untuk pekerjaan lain masih dilakukan oleh pekerja. "Semua autonomisasi mencapai 50 persen sisanya masih dilakukan oleh karyawan," papar Arif.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, beberapa station yang dikerjakan oleh robot merupakan bagian yang membutuhkan pengerjaan dengan tingkat presisi yang tinggi. Untuk merakit produk Wuling dari pencetakan hingga jadi, terdapat 122 station yang setiap bagiannya dituntut untuk bisa tepat waktu dalam pengerjaannya.

"Total ada 122 station, setiap bagian atau station harus bisa melakukan installing tak lebih dari 4 menit," pungkas arif.

Produsen Wuling meresmikan pabriknya pada 2017 dan telah menginvestasikan dana yang cukup besar mencapai Rp700 juta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini