Image

Wuling Tak Mau Ikuti APM Lain Naikkan Harga Mobil

Mufrod, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2018 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 10 15 1896696 wuling-tak-mau-ikuti-apm-lain-naikkan-harga-mobil-httKU2zc6j.jpg Pabrik Wuling Motors Indonesia. (Foto: Mufrod/Okezone)

JAKARTA – Di tengah kondisi beberapa agen pemegang merek (APM) melakukan aksi menaikkan harga mobilnya sebagai salah satu imbas kenaikan dolar, hal tersebut tidak dilakukan oleh PT SAIC GM Wuling Automobile (SGMW) untuk jajaran dua produknya yakni Wuling Confero dan Cortez.

Menurut Arif Pramadana, direktur manufaktur PT SGMW Motor Indonesia, salah satu faktor yang membuat Wuling tidak menaikkan harga karena komponen yang diimpor dari China menggunakan nilai mata uang yuan sehingga tak berpengaruh terhadap dolar.

Pabrik Wuling Motors Indonesia. (Foto: Mufrod/Okezone)

Baca juga: Wuling Siapkan Posko Mudik Hadapi Lebaran Perdana di Indonesia

"Ya, salah satu faktornya kita menggunakan mata uang yuan dalam mengimpor komponen dari China untuk melakukan perakitan mobil di Indonesia," ujar Arif kepada wartawan di sela kunjungan ke Pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

Wuling sendiri mengaku memiliki TKDN atau kandungan lokal komponen mencapai 50 persen untuk Confero dan 56 persen untuk Cortez. Selebihnya, beberapa komponen seperti pelat baja yang digunakan untuk bodi dan mesin diimpor langsung dari China.

Baca juga: Pabrik Wuling Seluas 60 Hektar Mampu Memproduksi 15 Mobil Setiap Jam

Cara lain menekan biaya produksi agar harga lebih kompetitif, Wuling juga menyediakan area seluas 30 hektare yang digunakan para penyuplainya. Langkah ini dilakukan untuk menekan biaya pengiriman komponen ke pabrik Wuling yang setiap tahunnya mampu memproduksi 120 ribu kendaraan.

Pabrik Wuling Motors Indonesia. (Foto: Mufrod/Okezone)

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini