nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahathir Mohamad Menang Pemilu, Malaysia Diliburkan Dua Hari

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2018 11:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 10 18 1896644 mahathir-mohamad-menang-pemilu-malaysia-diliburkan-dua-hari-LXFUNjefJf.jpg Mahathir Mohamad. (Foto: The Star)

PETALING JAYA – Aliansi Pakatan Harapan pimpinan Mahathir Mohamad mengumumkan bahwa mereka telah mencapai posisi mayoritas di parlemen Malaysia dan mengakhiri enam dekade dominasi Barisan Nasional. Pakatan Harapan berhasil meraih kemenangan telak dalam pemilihan umum Malaysia yang digelar pada Rabu.

BACA JUGA: Menangi Pemilu Malaysia, Mahathir Mohamad Akan Dilantik Sebagai Kepala Negara Tertua di Dunia

Hasil resmi pemilu Malaysia menunjukkan Pakatan Harapan mendapatkan 121 dari 222 kursi di parlemen. Sementara aliansi Barisan Nasional yang selama ini menjadi mayoritas, hanya mampu menguasai 79 kursi, jauh dibandingkan 133 kursi yang diperoleh dalam pemilu sebelumnya.

Mahathir mengatakan, dirinya telah dihubungi oleh Istana Negara yang menyatakan mengakui hasil pemungutan suara sambil menunggu pengumuman resmi dari komisi pemilihan umum. Pria berusia 92 tahun itu juga mengatakan bahwa Kamis dan Jumat (10 dan 11 Mei) akan dinyatakan sebagai hari libur umum dan akan diumumkan oleh Sekretaris Pemerintah.

BACA JUGA: Empat Keunikan Pemilihan Umum Malaysia

"Kami tidak bisa mengumumkan hari libur umum karena kami belum menjadi pemerintah," kata Mahathir dalam konferensi pers Kamis dini hari sebagaimana dilansir The Star, Kamis (10/5/2018).

Mahathir Mohamad mengatakan, bahwa dia akan secara resmi dilantik menjadi perdana menteri oleh Yang di-Pertuan Agong di Istana Negara pada Kamis. Setelah dilantik secara resmi menjadi perdana menteri, Mahathir dapat segera menunjuk wakilnya dan menteri-menteri kabinet lain.

Menangi Pemilu Malaysia, Mahathir Mohamad Akan Dilantik Sebagai Kepala Negara Tertua di Dunia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini