nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dihadiri Ketum PBNU, Ribuan Warga Subang Ikuti 'Gebyar Salawat'

ant, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2018 07:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 10 525 1896600 dihadiri-ketum-pbnu-ribuan-warga-subang-hadiri-gebyar-salawat-Na4Q8oN2zz.jpg Said Aqil Sirodj

SUBANG - Taruna Merah Putih (TMP) dan GP Ansor mengadakan 'gebyar salawat' di Subang. Selepas acara salawat, ribuan jamaah mendatangi halaman Masjid Al Muhlisin, Kecamagan Pamanukan. Sekira Pukul 21.30 WIB, Ketum PBNU Kyai Said Aqil Siroj, Ketua DPP Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait, serta Plt Bupati Subang Ating Rusnatim tiba ke lokasi pengajian.

Said Aqil disambut suka cita oleh jamaah yang sudah menunggu lama. Kyai kelahiran Kempek, Kabupaten Cirebon itu didaulat menaiki sisingaan yang merupakan kesenian khas wilayah dengan sebutan 'Kota Nanas' tersebut.

Maruarar Sirait mengatakan, Kyai Said Aqil menaiki sisingaan merupakan kali pertama. Tindakan itu sebagai bentuk penghormatan terhadap Said Aqil.

(Baca juga: 10 Ribu Massa Siap Ramaikan Tabligh Akbar Islam Nusantara)

"Sisingaan, merupakan kesenian tradisional khas Subang. Karenanya, suatu kehormatan pucuk pimpinan Nahdatul Ulama (NU) bisa naik sisingaan," ujar Maruarar atau akrab disapa Ara, Selasa 8 Mei 2018 malam.

Maruarar mengakui, kegiatan ini merupakan kolaborasi unsur religius dan nasionalis. GP Ansor sebagai garda terdepan pengaman Pancasila, sepak terjang tersebut perlu ditularkan ke elemen masyarakat lainnya, termasuk anggota TMP.

"TMP bersama GP Ansor, siap memerangi aksi radikalisme dan terorisme," ujarnya.

Kyai Said Aqil Siroj mengajak pada jamaah untuk tetap menghormati dan menghargai perbedaan. Meski berbeda agama maupun partai, tetap harus menjunjung persatuan dan kesatuan. Akan tetapi, pihaknya meminta supaya para jamaah ini, tidak terbawa jalan yang sesat. Seiring dengan maraknya, aksi terorisme dan massifnya pemahaman radikal.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini