Aswari-Irwansyah Siapkan Program Asuransi untuk Petani di Sumsel

Melly Puspita, Okezone · Sabtu 12 Mei 2018 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 12 340 1897445 aswari-irwansyah-siapkan-program-asuransi-untuk-petani-di-sumsel-szaN2ylY6m.jpg Aswari Rivai bersama warga (Melly/Okezone)

PALEMBANG - Sektor pertanian selama ini memberikan kontribusi besar untuk perekonomian Sumatera Selatan (Sumsel). Untuk itu, calon gubernur Sumsel nomor urut 2, Aswari Rivai bersama pasangannya Irwansyah Rebuin telah menyiapkan program asuransi bagi petani.

Program asuransi petani dinilai layak diberikan sebab petani merupakan ujung tombak ketahanan pangan seperti yang sering digaungkan oleh pemerintah. Asuransi petani mencakup jaminan sosial seperti santunan kecelakaan kerja dan kematian.

"Mayoritas masyarakat Sumsel yaitu sekitar 80 persen berprofesi sebagai petani. Ini berarti mereka amat menggantungkan hidup melalui pertanian. Kita harus perhatikan," kata Aswari, Sabtu (12/5/2018).

Aswari yang juga Ketua DPD Gerindra Sumsel berharap adanya regenerasi petani agar terciptanya pemerataan ekonomi kerakyatan. Petani, menurutnya, harus sejahtera.

Aswari Rivai (Heru/Okezone)

Aswari selama ini sering mendengar keluhan permasalahan dari petanu seperti kelangkaan pupuk yang menyebabkan melonjaknya harga, bahkan munculnya pupuk imitasi yang menyebabkan menurunnya kualitas hasil panen.

Swmentara Irwansyah mengatakan, selain pemberian pupuk dan bibit berkualitas, pembangunan infrastruktur untuk kegiatan pertanian juga menjadi prioritas. Sebab untuk mempermudah pendistribusian hasil tani.

"Tetap infrastruktur menjadi fokus kami dalam membangun Sumatera Selatan nantinya. Harapannya perbaikan dan pembenahan infrastruktur dilakukan untuk perputaran ekonomi warga," ungkap Irwansyah.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini