nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Berikan Santri Modal untuk Berwirausaha

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 12 519 1897483 jokowi-berikan-santri-modal-untuk-berwirausaha-QXDYyOb9Cz.jpg Foto: Okezone

PASURUAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan sejumlah modal untuk seorang santri dalam berwirausaha. Pemberian modal ini dilakukan lantaran Kepala Negara ingin menciptakan entrepreuner yang akan memajukan perekonomian umat.

Sebelumnya, dalam sambutannya di acara peresmian Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pesantrenpreneur dan Ummart, Presiden Jokowi memanggil seorang santri yang selama ini memang telah memiliki usaha di sela-sela proses belajar mengajarnya di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

"Saya ingin ada satu santri yang memiki usaha meskipun kecil-kecilan. Santri yang telah memiliki usaha mana?" tanya Jokowi memanggil santri yang telah memiliki usaha tersebut di lokasi, Sabtu (12/5/2018).

Kemudian seorang santri bernama M. Khairul Hanam maju menemui Kepala Negara di atas panggung. Kepada Presiden, Hanam mengaku memiliki usaha lalapan bila terdapat acara di pondok pesantrennya.

"Punya bisnis apa?" tanya Jokowi. "Bisnis lalapan. Ada jual lele dan ayam," jawab Hanam.

Lebih jauh, mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali bertanya modal yang digelontorkan Hanam dalam menjalankan kegiatan berwirausahanya.

"Modalnya Rp200 ribu. Untungnya Rp2 juta," jawab Hanam kembali.

Hanam menambahkan, dirinya tidak akan melakukan kembali menjalankan kegiatan usahanya. Sebab, ia tengah fokus ingin melanjutkan pendidikannya ke Universitas Airlangga, Surabaya.

"Enggak mau diteruskan. Saya banyak kegiatan mau kuliah di Universitas Airlangga," ungkapnya.

Jokowi menilai, kegiatan usaha Hanam harus diteruskan lantaran bisnis tersebut memiliki keuntungan seribu persen. Selama menjadi pengusaha, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak pernah mengetahui adanya usaha yang memiliki keuntungan sebesar itu.

"Harusnya diteruskan karena untunganya seribu persen. Harusnya diparalelkan karena nggak ada bisnis yang untungnya seribu persen," imbuhnya.

Jokowi memastikan, akan memberikan Hanam modal usaha ketika telah kuliah di Universitas Airlangga. Bahkan, ia menanyakan langsung berapa modal yang dibutuhkan Hanam dalam melanjutkan usahanya itu di sela-sela aktivitasnya kuliah.

"Mau berapa?" tanya Jokowi. "Belum tahu Pak," jawabnya.

Jokowi memberikan waktu kepada Hanam untuk menghitung berapa modal yang diperlukannya dalam memulai usahanya. Dia juga memastikan Hanam akan menemuinya langsung dalam membicarakan modal yang diperlukannya dalam memulai usaha lalapannya tersebut.

"Tadi modalnya itu Rp200 ribu. Ya kalau segitu-segitu ya saya masih kuatlah itu," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini