Image

Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia, Untar Dukung Pengembangan SDM Menuju Industri 4.0

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 13:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 12 65 1897418 tuan-rumah-kontes-robot-indonesia-untar-dukung-pengembangan-sdm-menuju-industri-4-0-RMITLUqCZy.jpeg Kontes Robot Indonesia (Foto: Feby/Okezone)

JAKARTA - Universitas Tarumanegara (Untar) menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 tingkat regional II. Kegiatan ini pun menjadi ajang persiapan Untar untuk ikut memasuki era Industri 4.0.

Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan, kepercayaan menjadikan Untar sebagai penyelenggara KRI karena dipandang sebagai perguruan tinggi yang memiliki kemampuan dalam keilmuan yang menunjang teknologi robotik.

Menurutnya, teknologi robotik sejalan dengan perkembangan industri 4.0. Pasalnya, peran teknologi tidak dapat dihindari dan otomasi menjadi penting dalam menyambut era yang dimulai dari perguruan tinggi.

robot



"Di Untar robotika menjadi salah unggulan dan kami ikuti KRI ini sejak 2002. Ini menjadi keunggulan dikembangkan dan Untar dan sangat senang menjadi tuan rumah. Selain itu ini juga bentuk masuk dalam era revolusi industri 4.0," tuturnya, di Kampus Untar, Jakarta, Sabtu (12/5/2018).

Agustinus melanjutkan, Untar ingin menunjukkan kontribusi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi era industri 4.0. Untuk itu, melalui KRI ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa serta meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam mengembangkan bidang teknologi robotika.

robot

"Kami ingin berkontribusi menjadi nyata dengan kembangkan ilmuwan dan event robotika. Jadi kami siap membantu kegiatan ini untuk memotivasi para mahasiswa Indonesia," tuturnya.

Untuk diketahui, KRI ini merupakan kedua kalinya Untar menjadi tuang rumah. Pada 2014, Untar juga dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan yang sama.

Adapun KRI regional II diikuti perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Sulawesi. KRI sendiri berbagi dalam 4 regional yaitu Regional I (area Sumatera), Regional II (area Jawa Barat, Kalimantan dan Sulawesi), Regional III (Jawa Tengah, Kalimantan bagian Timur dan Selatan), Regional IV (Jawa Timur, Bali, NTT, dan Maluku).

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini