London Jadi Kota Terbaik untuk Mahasiswa, Apa Alasannya?

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 16:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 12 65 1897428 london-jadi-kota-terbaik-untuk-mahasiswa-apa-alasannya-8IoX3VVWiw.jpg Foto: Koran Sindo

LONDON - London dinobatkan menjadi kota terbaik bagi mahasiswa di dunia versi analis data pendidikan tinggi QS. London mampu menggeser Montreal dan Paris yang sebelumnya menjadi kota terbaik bagi mahasiswa.

Penilaian itu berdasarkan sejumlah faktor, dari jumlah universitas terbaik di sebuah kota, pasar tenaga kerja lokal, keberagaman budaya, dan kualitas hidup. Pemeringkatan kota-kota universitas dibandingkan kualitas pendidikan disusun QS yang dipublikasikan dalam World University Rankings.

Survei itu mewawancarai 50.000 mahasiswa untuk menentukan keuntungan kota-kota bagi mahasiswa. Bagi mahasiswa, London merupakan pusat dan konsentrasi institusi pendidikan berkelas dunia dibandingkan kota lain. Sebut saja Imperial College, University College London, the London School of Economics, dan King’s College merupakan kampus elite dunia.

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Mahasiswa juga bisa mengakses banyak kehidupan budaya seperti museum, teater, bioskop, dan restoran. London juga merupakan tempat yang baik untuk berhubungan dengan dunia kerja dan mendapatkan pekerjaan. Ibu kota Inggris ini juga mendapatkan nilai tinggi dalam kota yang sangat internasional. Warga London memiliki tingkat toleransi yang tinggi dan keberagaman yang luas.

Mahasiswa asing pun tidak akan merasa terisolasi dan terasingkan. Namun, London menduduki peringkat rendah pada satu parameter: keterjangkauan karena biaya kuliah dan hidup yang cukup mahal. Akibatnya, London menjadi kota yang sulit untuk berhemat bagi mahasiswa asing.

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

“London masih menjadi tempat terbaik untuk belajar, meskipun biayanya cukup besar,” kata Direktur Penelitian QS Ben Sowter, dilansir BBC. Kemudian, kota kedua yang di nilai terbaik untuk mahasiswa adalah Tokyo. Ibu kota Jepang itu dikenal karena keamanan, polusi, dan kualitas hidup.

Di antara kota-kota lainnya, Toronto di Kanada mendapatkan nilai tertinggi dalam faktor keinginan di atas Tokyo dan Amsterdam. Australia juga menjadi negara yang juga memperebutkan pasar mahasiswa asing. Melbourne menduduki kota ketiga terbaik bagi mahasiswa, sedangkan Sydney berada pada peringkat kesembilan.

Adapun Edinburg di Skotlandia menjadi kota kampus terbaik ke-16. Kalau dalam pemeringkatan universitas dunia, banyak universitas di Amerika Serikat (AS) mendominasi dan selalu di pimpin Massachusetts Institute of Technology. Tapi, tidak ada satu kota pun di AS yang masuk 10 besar dalam kota kampus. Padahal, Jerman memiliki dua kota kampus terbaiknya, Berlin dan Munich.

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air AS hanya menempatkan Boston dan New York pada 30 besar. Bagaimana dengan Paris? Se lama beberapa tahun terakhir ibu kota Prancis itu memang kerap masuk 10 besar dan kali ini menduduki peringkat kelima. Dalam hal ke terjangkauan, Budapest di Hungaria dan Kuala Lumpur di Malaysia menjadi kota yang ramah dalam urusan anggaran dan keuangan bagi mahasiswa.

Begini Suasana Pelaksanaan SBMPTN di Sejumlah Daerah Sementara itu, The International Student Survey, berdasarkan 67.000 pendaftar kuliah, menunjukkan 39% mahasiswa Uni Eropa (UE) menganggap Britain Exit (Brexit) menjadikan mereka malas kuliah di Inggris. Mereka khawatir kalau Brexit akan menjadikan universitas di Inggris menjadi lebih mahal dan tidak menyambut mahasiswa dari negara UE lainnya. Kesuksesan London menjadi kota kampus terbaik tidak lepas dari pemberian visa bagi mahasiswa. London juga mendapatkan dana besar dari sektor pendidikan. Inggris tidak terlalu memberatkan mahasiswa internasional untuk mendapatkan visa. Dengan begitu, banyak anak muda berlomba-lomba kuliah di London.

(Andika Hendra)
1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini