nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi Keamanan untuk Sepeda Motor Segera Terwujud

Mufrod, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 12:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 13 15 1897813 teknologi-keamanan-untuk-sepeda-motor-segera-terwujud-ZrjnoPGmmO.jpg Sensor untuk keamanan pengendara (Foto: Indianautosblog)

Mattighofen - Produsen sepeda motor KTM diketahui tengah mengembangkan teknologi keamanan sepeda motor berbasis sensor. Dua teknologi canggih Adaptive Cruise Control dan Blin Spot Detection tengah dikembangkan untuk pengendara motor.

Gerald Matschl, Wakil Presiden R&D KTM membenarkan bahwa dua teknologi tersebut tengah dikembangkan, meski tidak akan diluncurkan untuk tahun depan. Matschl ungkap dua teknologi tersebut akan mengandalkan sensor dalam bekerja.

Teknologi ACC sendiri dikembangkan untuk mampu menjaga jarak dengan objek atau kendaraan yang ada didepannya. Saat sensor yang berada di depan lampu depan mendeteksi jarak kendaraan terlalu dekat maka sensor akan mengirimkan perintah untuk mengurangi bukaan throttle atau gas.

Saat gas sudah mulai diatur, sensor juga akan mengirimkan pesan kepada perangkat rem. Secara otomatis sepeda motor akan mengurangi kecepatan sepeda motor pada jarak aman. Matschl mengaku saat ini teknologi pengereman bisa dilakukan dua saluran sekaligus depan dan belakang.

Teknologi blins spot sendiri KTM menggunakan tiga lampu LED kuning yang terpasang di spion. Ketika mendeteksi kendaraan menutup belakang, maka sistem akan menyalakan LED dan juga memberitahu pada kluster instrumen digital.

Dengan demikian, pengendara dapat dengan mudah mengetahui adanya kondisi blind spot saat tengah berkendara.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini