nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korut Bongkar Lokasi Uji Coba Nuklir, Trump: Terima Kasih!

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 07:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 13 18 1897598 korut-bongkar-lokasi-uji-coba-nuklir-trump-terima-kasih-I6Y7BJy7cl.jpg Trump. Foto: Reuters

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengucapkan terima kasih kepada Korea Utara (Korut) karena akan membongkar lokasi uji coba nuklir. Rencananya, pembongkaran itu akan dilakukan antara 23 dan 25 Mei mendatang.

"Korea Utara telah mengumumkan bahwa mereka akan membongkar Situs Uji Coba Nuklir bulan ini, menjelang Pertemuan Puncak pada 12 Juni. Terima kasih, sikap yang sangat cerdas dan ramah!" tulis Trump di akun Twitter-nya seperti dilansir dari NBC News, Minggu (13/5/2018).

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media Pemerintah, Kementerian Luar Negeri Korut mengatakan bahwa semua terowongan di lokasi uji coba nuklir negara itu akan dihancurkan oleh ledakan. Pembongkaran itu termasuk fasilitas observasi dan penelitian serta unit penjaga berbasis darat.

(Baca juga: Korut Umumkan Penghentian Semua Uji Coba Nuklir dan Rudal Balistik)

Korut berencana mengundang wartawan dari AS, Korea Selatan (Korsel), China, Rusia dan Inggris untuk menyaksikan proses pembongkaran.

"Sebuah upacara untuk membatalkan uji coba nuklir sekarang dijadwalkan antara 23 dan 25 Mei, tergantung pada kondisi cuaca," bunyi pernyataan tersebut.

Pemimpin Korut, Kim Jong-un, telah mengungkapkan rencana untuk menutup situs uji coba nuklir pada akhir Mei selama pertemuan puncak dengan Presiden Korsel Moon Jae-in bulan lalu.

Pengumuman Korut ini datang beberapa hari setelah Washington mengumumkan bahwa pertemuan bersejarah antara Kim Jong-un dan Trump akan diadakan 12 Juni di Singapura.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini