nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ulama Sebut Pelaku Bom Surabaya Salah Artikan Jihad

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 17:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 13 337 1897761 ulama-sebut-pelaku-bom-surabaya-salah-artikan-jihad-PbNNDifoDa.jpg Arifin Ilham (foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Ketua Majelis Dzikir Azzikra, Arifin Ilham mengaku sedih dengan terjadinya aksi teror bom yang menyebabkan 11 orang meningal dunia dan puluhan lainnya luka-luka di wilayah Surabaya, Jawa Timur.

"Kita sangat sedih, teror, teror lagi di negeri yang sangat kita cintai ini. Ketahuilan, kaum muslim itu damai dan mendamaikan," katanya, di Masjid Azzikra, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/5/2018).

Menurutnya, aksi yang dilakukan oleh pelaku teror sangat jauh melenceng dari syariat jihad dalam Islam. Jihad, lanjut Arifin, harus dilakukan sesuai dengan tempatnya dan dilakukan secara mulia.

"Syariat jihad itu ada dua yaitu jihad perang di wilayah perang dan jihad dakwah di wilayah damai. Indonesia itu wilayah damai bukan wilayah perang. Tunjukan kemuliaan dakwah dengan lisan, harta dan ahlak yang mulia. We are muslim, jangan mengundang fitnah, muslim bukan teroris. Tunjukan ahlak kemuliaan kita, selamatkan siapapun dinegeri ini, tunjukan kita menghormati perbedaan keyakinan," ungkapnya.

Dalam Islam, Nabi Muhammad SAW pun tidak mengajarkan untuk menyakiti sesama Muslim, dan tidak membunuh wanita, anak-anak dan orangtua.

"Rosul sudah mengingatkan kita jangan berkhianat, jangan berlaku kasar pada saudara mukmin, jangan sadis kepada musuh dan jangan pernah membunuh wanita, anak-anak dan orang tua," tegasnya.

Ariffin pun mendoakan para korban yang tewas dalam aksi teror agar diampunkan dosa-dosanya oleh Allah SWT. Ia juga berharap agar aksi teror tidak kembali terjadi di negeri Indonesia yang damai.

"Agama ini mulia, tunjukan yang mulia. Semoga semua korban diampunkan dosanya. Ya allah, berkahilah negeri kita yang tercinta ini dengan kedamaian dan keselamatan. Amin," pungkas Arifin.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini