Image

5 Ribu Pengendara Motor Tewas Tak Gunakan Helm, Masih Mau Nekat?

Mufrod, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 06:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 15 15 1898745 5-ribu-pengendara-motor-tewas-tak-gunakan-helm-masih-mau-nekat-g5BAvW8udU.jpg Pengendara motor tak gunakan helm (Foto: Okezone)

JAKARTA - Helm sebagai salah satu safety gear bagi pengendara sepeda motor memang masih sering diabaikan. Akibat banyak pengendara yang abai, angka kecelakaan pengendara sepeda motor tak gunakan helm juga cukup tinggi.

Berdasarkan data milik Kementerian Perhubungan, tercatat sebanyak 5 ribu orang tewas dalam kecelakaan sepeda motor akibat pengendara tak menggunakan helm.

 

Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani menyebutkan angka fatalitas kecelakaan pengendara tak menggunakan helm menjadi yang terbesar dari beberapa faktor lain.

"Angka tersebut menjadi yang terbesar dari beberapa kecelakaan yang diakibatkan karena kebut-kebutan dan beberapa penyebab lainnya. Itu data tahun lalu, ya," ungkapnya saat ditemui di sela acara Mini Road Safety Festival 2018.

 

Untuk kecelakaan lain, lanjut Yani, seperti berkendara dengan kecepatan tinggi dan kebut-kebutan mencapai 4.779 jiwa. Sedangkan untuk pengendara yang berkendara karena pengaruh alkohol capai 558 jiwa tewas. Sisanya diakibatkan karena bermain ponsel.

Mengatasi hal tersebut Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan terus menurunkan tingkat kecelakaan di Indonesia sebesar 50 persen hingga 2020 mendatang. Tahun ini ditargetkan akan tercapai 20 persen penurunan angka kecelakaan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini