nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korea Utara dan Selatan Kembali Gelar Pertemuan Tingkat Tinggi pada 16 Mei

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 13:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 15 18 1898504 korea-utara-dan-selatan-kembali-gelar-pertemuan-tingkat-tinggi-pada-16-mei-7lhowP3A6z.jpg Foto: Reuters.

SEOUL – Korea Utara dan Korea Selatan sepakat untuk melakukan perundingan tingkat tinggi antar-Korea pada Rabu, 16 Mei. Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, pertemuan itu digelar sebagai bagian dari upaya menjalankan janji denuklirisasi di Semenanjung Korea yang disepakati pada KTT antar-Korea akhir April lalu.

BACA JUGA: Jokowi: Indonesia Dukung Penuh Perdamaian Korsel dan Korut

"Korea Selatan dan Utara akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi antar-Korea pada 16 Mei di Gedung Perdamaian di Panmunjom, untuk membahas penerapan" Deklarasi Panmunjom untuk Perdamaian, Kemakmuran dan Penyatuan Semenanjung Korea, " demikian disampaikan Kementerian Unifikasi dalam pernyataan yang dilansir Reuters, Selasa (15/5/2018).

Korea Utara telah menjadwalkan pembongkaran lokasi uji coba nuklirnya antara 23 sampai 25 Mei mendatang. Pembongkaran lokasi uji coba nuklir itu adalah salah satu janji yang disampaikan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un setelah bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dalam KTT antar-Korea.

BACA JUGA: Usai KTT Antar-Korea, Korut Berjanji Tutup Lokasi Uji Coba Nuklirnya pada Mei

Kim Jong-un direncanakan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada 12 Juni. Pertemuan itu diharapkan dapat membuka jalan bagi denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Pada pertemuan Rabu mendatang, Korea Utara akan mengirimkan delegasi beranggotakan 29 orang yang dipimpin oleh Ri Son-gwon, ketua “Komite Reunifikasi Damai” Korea Utara. Dari pihak Korea Selatan, Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon akan memimpin tim beranggotakan lima orang pejabat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini