nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Sichuan Airlines Mendarat Darurat Setelah Kaca Depannya Meledak di Ketinggian 9.700 Meter

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 14:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 15 18 1898540 pesawat-sichuan-airlines-mendarat-darurat-setelah-kaca-depannya-meledak-di-ketinggian-9-700-meter-T38gi5HMF8.jpg Foto: Reuters.

CHENGDU – Pesawat Airbus A319 milik Sichuan Airlines berhasil melakukan pendaratan darurat setelah salah satu jendela kokpitnya pecah di ketinggian sekira 9.700 meter dan hampir menyedot salah satu pilotnya keluar dari pesawat.

Sichuan Airlines Penerbangan 3U8633 lepas landas dari Chonqing pada Senin pagi pukul 6.26 waktu setempat dan berhasil naik hingga ketinggian 9.800 meter saat kaca depan pesawat bagian kanan tiba-tiba terlepas keluar. Pesawat segera melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Shuangliu Chengdu pada pukul 7.42.

BACA JUGA: Mesin Pesawat Meledak, Seorang Penumpang Terhisap Keluar di Tengah Penerbangan

"Tidak ada peringatan. Tiba-tiba, kaca depan retak dan membuat ledakan keras. Hal berikutnya yang saya tahu, kopilot saya telah tersedot setengah badan keluar dari jendela," kata Kapten Pilot Liu Chuanjin kepada Chengdu Economic Daily sebagaimana dilansir RT, Selasa (15/5/2018).

Otoritas penerbangan China belum mengungkap penyebab terjadinya insiden tersebut dan masih akan melakukan penyelidikan. Kopilot dan seorang kru lainnya mengalami luka ringan akibat kejadian ini.

BACA JUGA: Buka Jendela Pesawat, Kamera Pria Ini Tersedot Keluar

Aksi heroik dari Kapten Liu Chuanjin yang mendaratkan pesawat dengan selamat mendapat pujian dari dunia penerbangan dan warganet. Tindakannya berhasil menyelamatkan lebih dari 119 orang dan sembilan kru yang berada di dalam pesawat.

Setelah pesawat mendarat, sebagian besar penumpang dipindahkan ke penerbangan lain ke Lhasa, Tibet. Namun, 29 penumpang dikirim ke rumah sakit, salah seorang menderita keseleo dan seorang lagi memar.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini