Image

Pendidikan Jadi Program Unggulan Aswari Rivai

Melly Puspita, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 23:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 15 340 1898780 pendidikan-jadi-program-unggulan-aswari-rivai-NMH5vgsZQq.jpg Cagub Sumsel Aswari Rivai kampanye di Ogan Kemring Ulu. Foto Okezone/Melly Puspita

OGAN KOMERING ULU – Calon Gubernur Sumsel, Aswari Rivai mengatakan, jika diberi amanah memimpin Sumsel lima tahun ke depan, sektor pendidikan tersebut akan mendapatkan perhatian penting

Data tahun 2016 menyebutkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel sebesar 68,24 persen. Angka tersebut masih di bawah rata-rata nasional (70,18 persen).

"Meski sudah ada fasilitas pendidikan, baik kelengkapan buku atau pun tenaga pendidikan profesional masih kurang," ujarnya, saat bersosialisasi di Desa Tangsi Lontar, Kecamatan Pengandonan, Ogan Komering Ulu, Selasa (15/5/2018).

Dikatakan Aswari, bersama Irwansyah dirinya memiliki dua program unggulan pada bidang pendidikan, di antaranya Kartu Sumsel Cerdas (KSC) dan Redistribusi Guru.

Ketua Partai Gerindra Provinsi Sumsel ini berharap, dengan KSC dan Redistribusi Guru dapat menjangkau pendidikan untuk masyarakat Sumsel di seluruh kecamatan dan desa yang juga berkualitas.

"Pendidikan merupakan hak untuk seluruh anak. Maka jika nantinya terpilih pemerintah provinsi harus menyediakan pendidikan yang benar-benar gratis dan memenuhi standar," ungkap Aswari.

Baik Redistribusi Guru maupun KSC, lanjut Aswari, memiliki fungsi yang berbeda, namun saling melengkapi.

Nantinya KSC akan menyediakan fasilitas pendidikan seperti bantuan biaya sekolah dan peralatan untuk menunjang sarana belajar mengajar.

Sementara, Irwansyah menambahkan,Program Redistribusi Guru tersebut akan menyalurkan tenaga pendidikan profesional untuk mengajar anak-anak.

"Harapan kami dengan perbaikan kualitas pendidikan nantinya akan membawa perbaikan pada hidup anak-anak di Sumatera Selatan. Sebab, ilmu mengajarkan akan mengajarkan kita untuk lebih bijak dalam menyikapi persoalan dan membedah masalah," kata Irwansyah.

Melalui Program KSC, tambah Irwansyah, akan disalurkan subsidi dana pendukung yang diberikan untuk membantu para siswa melengkapi kebutuhan alat-alat belajar yang baik.

"Sehingga dapat menjalani dan menyelesaikan sekolahnya dengan semangat, serta menurunkan angka putus sekolah," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Aswari-Irwansyah merupakan pasangan calon (paslon) nomor urut dua dari partai Gerindra dan PKS. Keduanya berhasil maju ke Pilkada Sumsel periode 2018-2023 setelah berhasil mengantongi total 15 kursi di DPRD Provinsi Sumsel.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini