Image

Mahasiswa Binus 'Kenalan' dengan Kiko dan Entong di MNC Animation

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 13:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 15 65 1898520 mahasiswa-binus-kenalan-dengan-kiko-dan-entong-di-mnc-animation-XzxTLqvD2q.jpg Mahasiswa Binus pelajari proses pembuatan film animasi Kiko di kantor MNC Animation. (Foto: Ulfa Arieza/Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus) melakukan kunjungan ke studio MNC Animation. Para mahasiswa terlebih dulu mendapatkan penjelasan tentang bisnis MNC Animation.

Head of Marketing Communication Suhendra Wijaya menjelaskan bahwa MNC Animation adalah Production House (PH) yang memproduksi animasi dengan fokus bisnis Intelectual Property (IP). Selanjutnya mereka juga dikenalkan kepada proses pembuatan karakter di MNC Animation. Adapun karakter yang telah diproduksi MNC Animation, antara lain, Entong, Kiko, Titus, Zak Storm, Bima, Dinda&Novy, Princess Azura, Preschool Show, The Giant 8, dan lainnya.

Suhendra mengatakan, bahwa kunjungan ini merupakan program rutin yang diadakan oleh MNC Animation, yaitu program Visit MNC Animation.

"Target kita adalah mengedukasi adik-adik dari TK sampai Universitas tentang animasi. Animasi di Indonesia ini masih tahap pengembangan dan tenaga kerja masih kurang tujuan sehingga kami ingin lebih menumbuhkan dan meminta dukungan untuk animasi Indonesia dibandingkan dengan luar negeri," ujarnya di kantor MNC Animation, di MNC Studios Tower II, Jalan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (15/2/2018).

Baca Juga : Intip Dapur Produksi MNC Animation

Dalam kesempatan itu, Suhendra juga menjelaskan kepada mahasiswa yang datang tentang pembuatan karakter animasi. Di mana pembuatan satu animasi Kiko durasinya 11 menit dengan investasi hampir Rp1 miliar. Adapun waktu pengerjaan memerlukan waktu hampir empat bulan dan membutuhkan karyawan hingga 89 orang.

Dia mengatakan MNC Animation juga bekerjasama dengan animator berpengalaman di luar negeri untuk pembuatan karakter Zak Storm. Di mana keterlibatan MNC Animation sebagai co-production bersama dengan animator Korea, Amerika, dan Prancis.

Baca Juga : 5 Pahlawan Perempuan MNC Animation Sambut Hari Kartini

Ke depan, kata dia, MNC Animation akan memperluas usaha IP dengan mendulang peluang pada penjualan merchandise, seperti boneka, sepatu. Dengan demikian, bisnis IP selain mendapatkan income dari penayangan karakter di televisi tetapi juga mendapatkan income dari merchandising dan lisensi.

"Bisnis dan peluang animasi akan lebih cerah ke depannya karena industrinya makin berkembang sebab studio di Indonesia makin banyak. Banyak negara luar juga sudah mulai melihat Indonesia yang bisa memberikan services yang bagus," jelas dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini