nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lawan Hoax dengan Perbanyak Konten Positif

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 15:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 15 65 1898550 lawan-hoax-dengan-perbanyak-konten-positif-j1Rcm8lwTn.jpeg Okezone goes to Campus (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - ICT Watch menilai penyebaran hoax akan sangat terdampak di wilayah pedesaan ketimbang perkotaan. Sebab, tingkat literasi dan kritis masyarakat desa lebih rendah.

Founder ICT Watch Donny BU menyatakan, saat ini pemerintah tengah membangun infrastruktur jaringan internet di Indonesia, Palapa Ring. Proyek ini ditargetkan selesai pada 2019 dan akan segera meningkatkan jaringan internet di seluruh Indonesia. 

Baca Juga: Kiat Jitu Menanggulangi Hoax di Era Digital

Hal ini pun mempermudah akses masyarakat desa terhadap internet, yang cenderung memberikan banyak informasi hoax. 

"Kalau kayak masyarakat Jakarta kan tingkat literasi lebih tinggi dan terbiasa untuk kritis. Tapi di daerah-daerah lain, yang di luar kota-kota besar, mereka susah memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, sehingga mudah terpengaruh hoax," ujarnya dalam diskusi di acara Okezone Goes to Campus, Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Antusiasme Mahasiswa Universitas Bakrie Hadiri Okezone Goes to Campus

Saat ini saja, kata dia, sebanyak 132 juta pengguna internet di Indonesia, melebihi jumlah penduduk di Thailand dan Singapura. 

Oleh sebab itu, penting untuk membuat konten-konten positif di internet, untuk bisa melawan hoax. Dalam hal ini penting peran anak muda, khususnya mahasiswa untuk membuat karya yang menjadi konten positif di medsos. 

Baca Juga: Okezone Goes to Campus, Perkenalkan Live Streaming Media Online

"Mahasiswa harusnya bisa membuat program yang mendukung anti hoax, apakah itu kampanye, atau video yang positif untuk bisa disebar di medsos maupun literasi ke daerah-daerah," katanya.

Sementara itu, Kabid Broadcasting UMB Dr Afdal Makkuraga Putra menyatakan, pembuatan konten positif di media sosial sudah dilakukan pihaknya melalui mata kuliah. Di mana terdapat mata kuliah yang mengharuskan menyebarkan karyanya melalui medsos.  

Antusiasme Mahasiswa Universitas Bakrie Hadiri Okezone Goes to Campus

"Kita lakukan dengan mendorong mahasiswa ikut lomba dengan manfaatkan medsos. Pembuatan film lewat handphone dan penilaian dengan sistem like di Instagram. Fokus kita untuk dorong lomba dan prestasi dari sarana medsos," ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini