nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkenalan Singkat dengan Honda PCX Hybrid

Mufrod, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 17:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 16 15 1899071 perkenalan-singkat-dengan-honda-pcx-hybrid-biDBnIsZKx.jpg Honda PCX 150 Hybrid (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejak luncurkan Honda PCX produksi lokal Februari lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) langsung memboyong model sama dengan pembeda label hybrid. Meski harganya cukup terpaut jauh dengan model mesin konvensional, namun Honda menjual teknologi hybrid pada pCX hybrid.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai apa itu teknologi hybrid, AHM mengundang Okezone dan beberapa media lain untuk mengenal lebih dalam mengenai teknologi hybrid yang dimiliki PCX di AHM Training Center, Sunter, Jakarta Utara, Rabu (16/5/2018).

Technical Training PT Astra Honda Motor Endro Sutarno, mengungkap Honda PCX menggunakan sistem hybrid paralel yang memanfaatkan mesin pembakaran internal dengan tenaga listrik melalui baterai lithium.

"Kita gunakan sistem hybrid paralel pada Honda PCX, dimana motor ini mengandalkan pembakaran mesin internal dengan motor listrik yang menggunakan baterai lithium," papar Endro.

 

Lebih jauh, Endro mengatakan, dengan teknologi hybrid paralel ini tenaga mesin PCX hybrid dengan model biasa berbeda. Dimana pasokan tenaga pada model hybrid sedikit lebih besar dari model biasanya. Meski konsumsi bahan bakar juga hanya susut 3 persen saja dari penggunaan motor listrik.

"Jadi intinya motor listrik pada PCX hybrid tidak digunakan sebagai penggerak, namun menyalurkan tenaga tambahan pada mesin konvensional," terang Endro.

Yang perlu diingat yakni, Honda PCX hybrid ini tidak sama dengan Series Paralel Hybrid. Dimana Motor listrik juga memiliki peran untuk menggerakkan motor. Sehingga ketika Honda PCX Hybrid kehabisan bensin maka motor ini tidak bisa jalan dengan mengandalkan motor listriknya.

Sebagai gambaran, saat memperkenalkannya di ajang Indonesia International Motor Show 2018, Honda PCX Hybrid akan dibanderol dengan kisaran sekira Rp40 juta-an.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini