Image

Dapat Pengampuan Raja, Anwar Ibrahim Akhirnya Bebas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 11:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 16 18 1898900 dapat-pengampuan-raja-anwar-ibrahim-akhirnya-bebas-ZfSkEDWqeU.jpg Foto: Reuters.

KUALA LUMPUR – Pemimpin oposisi Malaysia yang dipenjara, Anwar Ibrahim telah bebas setelah mendapatkan pengampunan penuh dari kerajaan. Pada Rabu, pukul 11.30 waktu setempat, Anwar keluar dari Rumah Sakit Cheras Rehabilitation di Kuala Lumpur tempatnya menjalani perawatan usai operasi bahu sebagai orang bebas.

Dengan senyum lebar, Anwar melambaikan tangan kepada para pendukungnya yang menyambut di luar rumah sakit. Pria berusia 70 tahun itu dikelilingi oleh keluarganya, pengacara dan penjaga penjara sebelum masuk ke dalam mobil untuk bertemu dengan raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V.

BACA JUGA: Mahathir Mohamad: Raja Malaysia Setuju Bebaskan Anwar Ibrahim

"Dewan Pengampunan telah memberikan rekomendasi kepada raja yang kemudian setuju untuk memberikan Anwar pengampunan penuh,” kata Pengacara Anwar, Sivarasa Rasiah sebagaimana dilansir The Star, Rabu (16/5/2018).

"Dia tidak hanya bebas secara fisik tetapi bebas untuk berpartisipasi dalam politik bangsa, seolah-olah dakwaan di masa lalu telah dihapus.”

kata Anwar dijatuhi hukuman lima tahun penjara atas kasus sodomi pada 2015. Pembebasannya dinilai sebagai kesuksesan besar pertama bagi koalisi Pakatan Harapan yang memenangi pemilihan umum Malaysia pekan lalu.

Memastikan pembebasan Anwar juga merupakan salah satu kesepakatan yang dicapai antara Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad dengan pihak oposisi saat kedua pihak memutuskan untuk menggabungkan kekuatan guna melengserkan mantan Perdana Menteri Najib Razak dari kekuasaan.

BACA JUGA: Keluarga Minta Pemimpin Oposisi Malaysia Dirawat

Sesuai kesepakatan itu juga Mahathir hanya akan menjabat sebagai perdana menteri selama dua tahun sebelum menyerahkan kekuasaan kepada Anwar. Hal itu juga ditegaskan Mahathir pada malam sebelum pembebasan Anwar.

Sivarasa mengatakan, Anwar kemungkinan akan menghabiskan beberapa hari mendatang untuk beristirahat dan mengunjungi teman-temannya baik di dalam mau pun di luar negeri. Dia mengatakan, proses untuk memasukkan Anwar ke dalam parlemen kemungkinan baru akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri.

"Mungkin dalam waktu sekitar enam pekan, setelah Hari Raya, kita akan memulai proses membawa dia (Anwar) kembali ke Parlemen.”

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini