nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Pemuka Agama Tanamkan Pengetahuan ke Umatnya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 17:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 16 337 1899070 jokowi-minta-pemuka-agama-tanamkan-pengetahuan-ke-umatnya-FNj4hZSsQt.jpg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para tokoh dan pemuka agama untuk menanamkan pengetahuan yang luas tentang agama kepada umatnya saat menerima petinggi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan para tokoh agama di Istana Merdeka, Jakarta.

"Selain itu, beliau meminta doa para umat beragama dan tentunya kita, beliau juga meminta supaya mari kita memberikan wawasan yang lebih luas kepada umatnya masing-masing," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Menurut Jokowi, pemeluk agamana apapun akan semakin arif dan bijaksana bila pemahaman keagamaannya besar. Apalagi, kearifan dalam ajaran agama ke depan akan menjawab tantangan terhadap bangsa dan negara yang semakin besar.

"Jadi itu, yang kita perlukan sekarang kearifan dalam rangka menghadapi tantangan di masa datang," ucap dia.

 Jokowi pantau lokasi ledakan di Surabaya

Kepala Negara menilai, sejarah masa lalu juga perlu diingatkan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta kepada bangsa dan Tanah Air. Sebab, sejarah politik masa lampau telah mengajarkan bahwa setiap pemeluk agama bersatu dalam melawan penderitaan yang dilakukan penjajah.

"Mari kita merawat kebhinekaan bersama, dan mari kita merawat sejarah masa lampau yang sedemikian indah dan jangan kita menodai sejarah bangsa dengan cara melakukan hal-hal yang tidak terpuji," terang dia.

Nasaruddin menambahkan, permasalahan sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang kembali lagi ke Tanah Air setelah berada di negara konflik akan dapat diatasi aparat keamanan agar mereka tak terlibat aksi teror.

"Insya Allah saya kira aparat berwenang itu lebih punya konsep dan lebih siap. Kami sangat yakin aparat kita itu lebih siap dengan segala macam," pungkasnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini