nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies-Sandi Putuskan Lepas Saham Bir

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 22:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 338 1899204 anies-sandi-putuskan-lepas-saham-bir-61tpJZxLOt.jpg Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto Antara

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk melepas saham di PT Delta Djakarta sebesar 26,25 %.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya memastikan bakal menjual saham di perusahaan yang bergerak di penjualan minuman keras tersebut. Nantinya, kata Anies, uang penjualan saham tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

"Kita pasti lepas jadi ini. Bukan akan, tapi pasti dilepas," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Anies menyebut dengan adanya penjualan saham itu, maka Pemprov DKI akan meraup keuntungan sebesar Rp1 triliun. Uang itu bisa diperoleh pemerintah daerah, bila mempertahankan saham selama 30 tahun ke depan. Hal itu mengingat, per tahun pihaknya mendapat keuntungan sebesar Rp 38 miliar.

"Jadi kalau kita kalau kita mau mendapatkan satu triliun rupiah dengan mempertahankan saham di Delta perlu 30 tahun lebih," jelasnya.

Anies menjelaskan, pihaknya akan menggunakan uang itu untuk penciptaan lapangan kerja, fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sehingga penjualan saham itu nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Kita berharap proses pelepasan ini akan berjalan dengan lancar. Dalam waktu singkat ini bisa tuntas," ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno berharap keputusan itu dapat disetujui oleh DPRD. Sebab pelepasan saham itu juga harus mendapat persetujuan dari rapat paripurna.

"Semua koridor hukum baik di pasar modal dan teman-teman DPRD harus dilalui juga," kata Sandi.

Politikus Partai Gerindra itu meyakini akan transparan dalam segala bentuk penjualan saham yang akan diterima nantinya.

"Transparan untuk memastikan mendapatkan valuasi terbauk atas kepemilikan saham kita," ujarnya.

PT Delta Djakarta adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan beberapa merek bir, seperti Anker Bir, Anker Stout, Carlsberg, San Miguel Pale Pilsener, San Miguel Light, San Miguel Cerveza Negra dan Kuda Putih.

Pemprov DKI Jakarta telah mempunyai saham di perusahaan tersebut sejak tahun 70-an. Kini, Pemprov DKI memiliki 26,25 persen saham di emiten industri minuman beralkohol tersebut.

Kepemilikan itu merupakan gabungan antara 23,34 persen saham Pemprov DKI dan 2,91 persen milik Badan Pengelola Investasi dan Penyertaan Modal Jakarta. Sisa saham lainnya dikuasai oleh San Miguel Malaysia dan masyarakat.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini