Image

Petugas Temukan Kolang-Kaling Mengandung Pengawet Mayat di Pasar

Prayudha, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 340 1899507 petugas-temukan-kolang-kaling-mengandung-pengawet-mayat-di-pasar-hiegyomy5Z.jpg Foto: Okezone

MAKASSAR - Momentum bulan suci Ramadan kali ini, acap kali dimanfaatkan oleh para pedagang nakal dengan menambahkan pengawet jenazah atau yang lebih di kenal dengan formalin.

Baru saja, Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Makassar menemukan ratusan liter kolang kaling yang mengandung formalin di salah satu pasar tradisional dan modern yang berada di Jalan Boulevard, Makassar.

"Inspeksi mendadak yang dilakukan kali ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran makanan cepat saji dengan adanya campuran bahan kimia yang tidak diinginkan. Jadi hari ini kita amankan beberapa kolang kaling yang dinilai mengandung formalin," kata Kepala Dinas Kesehatan kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, Kamis (17/5/2018).

Dimana dalam sidak kali ini, Dinkes Makassar kemudian melakukan pemantauan terhadap panganan berbuka puasa agar tidak dimanfaatkan oleh para pedagang nakal.

"Satu-persatu makanan takjil seperti cendol , cincau dan kolangkaling diperiksa untuk menemukan makanan berformalin dan borax,"tambahnya.

Dalam inspeksi mendadak kali ini, pihaknya telah melakukan pemeriksaan, Dinas Kesehatan Kota Makassar menemukan formalin di kolangkaling yang masih diperjualbelikan. Sedikitnya pihaknya sendiri telah mengamankan100 liter takjil kolang-kaling yang mengandung formalin.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini