nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerkindo NTT Berkomitmen Dorong Kesejahteraan Masyarakat

Adi Rianghepat, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 20:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 340 1899599 gerkindo-ntt-berkomitmen-dorong-kesejahteraan-masyarakat-TBOr3EcMLG.JPG Pengukuhan Gerkindo NTT (Foto: Adi Rianghepat)

KUPANG - Gerakan Kasih Indonesia (Gerkindo) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan, akan 'turun gunung' memperjuangkan kesejahteraan seluruh masyarakat provinsi berbasis kepulauan itu.

Gerkindo yang merupakan sayap Partai Persatuan Indonesia (Perindo) itu menyatakan, tanggung jawab mensejahterakan masyarakat juga bagian dari tugas gereja sebagai sebuah institusi.

"Para orangtua saja sudah berkomitmen turun gunung karena itu semua kita yang muda-muda juga harus ikut melakukannya," kata Ketua DPW Grrkindo NTT Pdt Johny Jemmy Kilapong saat pengukuhan pengurus di Kupang, Kamis (17/5/2018).

Secara biblis, kata dia, ada dua kata kunci yang telah menjadi payung perjuangan visi dan misi Gerkindo. Dua kata itu masing-masing 'mengusahakan' dan 'mensejahterakan'. Kata mengusahakan itu berasal dari kata Bahasa Ibrani yaitu 'Dauras' yang diartikan sebagai sebuah usaha yang sungguh-sungguh dengan mencari tahu dan meneliti dengan benar.

Gerkindo NTT

Dari rangkaian mencari tahu itu selanjutnya akan menemukan kebutuhan kota dan daerah dengan tepat dan benar. "Dan selanjutnya menjadi tugas kita mensejahterakan masyarakat kita," katanya.

Sementara kata 'sejahtera' berasal dari kata 'syalom' yang juga bermakna kedamaian, keamanan, kesehatan yang menjadi harapan setiap umat manusia.

"Dan sekali lagi, itu bukan tugas negara tetapi itu menjadi tanggung jawab umat beriman dan tentunya tidak bisa terjadi jika di belakang meja. Tetapi harus turun gunung mengusahakannya," kata Pendeta Johny.

Dia menambahkan, selama ini NTT yang adalah akronim dari Nusa Tenggara Timur, selalu diplesetkan menjadi 'Nasib Tak Tentu' harus diubah dengan upaya kita semua menjadi 'Nyata Tangan Tuhan'.

Ia mengatakan, aksi nyata yang akan dilakukan sebagai bentuk komitmen turun gunung adalah dengan mengusahakan pendidikan sebagai basis peningkatan sumber daya manusia.

"Gerbang pendidikan harus menjadi yang utama dan sumber daya manusia unggul hanya akan tumbuh dari pendidikan," katanya.

Sementara Ketua Umum Gerkindo Efraim Yerry Tawalujan berharap, semua pengurus yang dikukuhkan bisa melaksanakan firman Tuhan sebagaimana visi dan misi Gerkindo. "Agar anak Tuhan melakukan kesejahteraan bangsa," katanya.

Dengan komitmen pengurus DPW Gerkindo NTT maka akan mensejahterakan masyarakatnya. "Masyarakat NTT sejahtera maka Indonesia menjadi sejahtera," katanya.

Selain Pdt Johny Jemmy Kilapong yang dilantik sebagai Ketua DPW Gerkindo NTT, ikut dilantuk juga pengurus lainnya yaitu, Ketua 1 Pdt Yeshezkiel Hede, Ketua 2 Willem Charles Agoha, Ketua 3 Melitus Ataupah, Ketua 4 Fidelis Fernandez. Selanjutnya, Sekretaris Umum Pdt Daud Wiberdjohn Tafuli, Sekretaris 1 Pdt Stefanus Tomatala, Sekretaris 2 Dian Sombu. Sedangkan Bendahara Umum Pdt Nehemia Sailana, Bendahara 1 Yuddy Elliezer.

Kemudian, Bendahara 2 Herry Jacson Pello serta 19 bidang, masing-masing bidang pengkaderan dan pebdidikab politik, sosialisasi dan mobilisasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat, bidang pemberdayaan SDM, pemberdayaan pendidikan, pelayanan masyarakat dan tanggap bencana, dan bidang pelayanan teologia.

Selanjutnya bidang pelatihan kepemimpinan, advokasi dan bantuan hukum, pengadaan sarana ibadah, politik dan pemerintah, seni dan pertunjukan, bidang komunikasi budaya dan pariwisata, kerohanian dan doa, hukum antarnegara, bidang pemuda dan olahraga, bidang pemberdayaan perempuan dan anak, bidang diakonia serta bidang penelitiab dan pengembangan. Setelah pengukuhan pengurus DPW Gerkindo dilanjut seminar kader.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini