Image

UNS Targetkan 20 Prodi Masuk ASEAN University Network Quality Assurance

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 65 1899415 uns-targetkan-20-prodi-masuk-asean-university-network-quality-assurance-AuUFD0mivc.jpg Wakil Rektor I UNS (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Prestasi yang diraih oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di tengah maraknya "persaingan" di dunia pendidikan dengan banyaknya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang "dinegerikan" tidak menyurutkan langkah universitas negeri yang berada di kota Bengawan untuk mengukir prestasi.

Justru adanya persaingan ini membuat UNS merasa terpacu agar terus berinovasi dalam berkarya dan menonjolkan beragam prestasi, baik itu prestasi instansi, prestasi mahasiswa maupun prestasi bagi civitas akademika.

"Makin banyaknya teman (PTN baru) bagi kami justru semakin baik. Artinya masyarakat akan mendapatkan peluang (pilihan) lebih banyak untuk masuk ke PTN," jelas Wakil Rektor I UNS bidang Akademik Sutarno saat ditemui Okezone, Kamis (17/5/2018).

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Upaya UNS sendiri berusaha semakin meningkatkan kinerjanya, dan target utama UNS adalah menjaga kualitas dan standarnya. Beragam cara ditempuh untuk meningkatkan kualitas.

Misalkan prodi di UNS yang sudah dua kali terakreditasi A, diikutkan dalam Asesor ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA).

"Keempat prodi itu adalah Prodi Manajemen, Biologi, Teknik Mesin dan Teknik Sipil dan sudah turun hasilnya sesuai taraf internasional. Sehingga kualitas harus ditingkatkan.

Menurut Sutarno, beberapa hari lalu sudah masuk 4 prodi. Sebenarnya UNS sendiri sudah daftarkan lagi 8 prodi. Saya sudah ke Thailand tapi antreannya banyak. Jika kita upayakan daftar lebih awal bisa masuk 4 prodi lagi.

Ujian SBMPTN Computer Based Test di UI

"Target kami ke depannya ada 20 prodi masuk dalam AUN QA. Kemarin sudah masuk 4," jelas Sutarno.

UNS saat ini, semua lini, semua jurusan untuk menjaga kualitas. Jika kualitasnya bagus sudah pasti peringkat (PTN) pasti akan mengikutinya. Hal tersebut sejalan dengan visi UNS ingin menjadi perguruan tinggi yang unggul.

"Semua lini, semua jurusan kita kompakkan untuk menuju visi itu. Khususnya di bidang sience, teknologi dan seni dan menjadi pusat unggulan dunia dan target jangka panjang di 2030 UNS menjadi world class university bisa tercapai," pungkas Sutarno.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini