nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNS Jadi Favorit Saat SBMPTN, Dua Prodi Ini Paling Banyak Diincar

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 14:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 65 1899422 uns-jadi-favorit-saat-sbmptn-dua-prodi-ini-paling-banyak-diincar-TShczEEXgS.jpg Wakil Rektor I UNS (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Program studi favorit yang menjadi pilihan peserta di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di peringkat tertinggi adalah Management dan Akuntansi. Dua tahun berturut-turut dua prodi tersebut menjadi primadona.

Hal tersebut disampaikan oleh Sutarno yang juga Wakil Rektor I UNS bidang Akademik kepada Okezone. Prodi favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa ini mengalami pergeseran.

Tahun ini Management dan Akuntansi menduduki peringkat tertinggi. Di tahun-tahun sebelumnya fakultas Kedokteran menjadi favorit peserta, Akutansi, Teknik Informatika bahkan FKIP sempat mendominasi pilihan peserta.

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

"Namun dua tahun belakangan ini sepertinya terjadi pergeseran tren jurusan. Dua pilihan terbanyak adalah Manajemen dan Akuntansi," papar Sutarno, Kamis (17/5/2018).

Selain pergeseran tren pilihan jurusan prodi, Universitas Sebelas Maret sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia jumlah peserta yang mendaftar di UNS juga mengalami kenaikan hampir 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Dan di tahun 2018 ini, sebanyak 26.743 peserta mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tahun lalu total peminat yang masuk ke UNS tahun 2017 lalu mencapai 182 ribu lebih dan calon mahasiswa yang diterima hanya 6000 mahasiswa.

"Data di kami (UNS) justru ada tren naik, bahkan kenaikannya hingga 9,9%. Ini belum total juga. Nanti masih ada satu tahapan lagi yang namanya jalur mandiri. Saking banyaknya peminat kami sampai menambah kursi hingga 10% (namun hanya digunakan 6%),"ujarnya.

Bahkan Sutarno pun optimis, kondisi sama pun akan diraih Universitas Negeri Sebelas Maret pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini