Image

Kompolnas: Masyarakat Harus Dukung Langkah Pemerintah Berantas Terorisme

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 06:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 18 337 1899691 kompolnas-masyarakat-harus-dukung-langkah-pemerintah-berantas-terorisme-mIsC8LbRCh.jpg Polisi berjaga-jaga usai teroris serang Mapolda Riau, Rabu (16/5/2018). (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

JAKARTA – Dalam beberapa hari terakhir, marak aksi terorisme di Indonesia. Bermula dari kerusuhan napi terorisme di Mako Brimob, pengeboman 3 gereja dan Mapolrestabes Surabaya, hingga penyerangan Mapolda Riau.

Terkait hal itu, Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti menjelaskan, untuk mengatisipas terorisme, seluruh pihak harus mencegah dan membasmi adanya sel-sel teroris yang tengah hidup. Masyarakat pun harus mendukung pemerintah dalam memberantas terorisme.

"Masyarakat harus mendukung langkah-langkah pemerintah untuk mencegah dan memberantas terorisme," tutur Poengky kepada Okezone, Jumat (18/5/2018).

Menurutnya, adanya gerakan terorisme muncul dari radikalisme. Ia melanjutkan, radikalisme muncul dikarenakan adanya sifat-sifat inteloransi.

"Oleh karena itu untuk dapat mencegahnya perlu mengembangkan sifat toleran dan menghargai keberagaman (pluralis)," paparnya.

(Foto: Syaiful Islam/Okezone)

Selain itu, Poengky berharap kepada seluruh elite politik untuk tidak mempolitisasi isu teroris tersebut. Hal tersebut lantaran masih terdapat beberapa pihak yang menyatakan adanya serang teroris ini merupakan cara pengalihan isu.

(Baca Juga: Wiranto Minta Aparat 'Rahasiakan' Teknis Penanggulangan Terorisme)

"Masih ada yang menyatakan ini pengalihan isu, ini skenario pemerintah, dan sebagainya. Ini yang justru membingungkan masyarakat dan malah memberikan dukungan kepada kelompok teroris," pungkas dia.

(Baca Juga: Komisi I Pertanyakan Dasar Hukum Dihidupkannya Koopssusgab TNI)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyetujui pengaktifkan kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopsusgab) TNI yang bertugas untuk membantu Polri memberantas tindak pidana terorisme. Dalam pelaksanaan tugasnya, Koppsusgab TNI dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini