Image

Mendagri dan Kepala BSSN Bahas Jaringan Komunikasi Pusat dan Daerah

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 13:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 337 1899812 mendagri-dan-kepala-bssn-bahas-jaringan-komunikasi-pusat-dan-daerah-VPclsL3xah.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo bersama Kepala BSSN Djoko Setiadi. Foto Okezone/Fahreza Rizky

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo bertemu dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen (Purn) TNI Djoko Setiadi di kantor BSSN, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Keduanya membincangkan masalah jaringan komunikasi antara pusat dan daerah.

"Kami dengan Pak Mendagri membicarakan masalah kondisi pemprov-pemprov seluruh Indonesia untuk kelancaran komunikasi, kelancaran pelaporan-pelaporan keamanan jaringan di seluruh provinsi perlu kita jaga, atau perlu kita libatkan. Itu intinya hari ini," ujar Djoko, Jumat (18/5/2018).

Mendagri, kata dia, sependapat dengan ide BSSN untuk membangun jaringan komunikasi antara pusat dan daerah. Itu ditujukan agar lebih mudah berbagi informasi. Dalam sistem tersebut, semuanya menginduk kepada BSSN.

Lebih lanjut, pihaknya juga telah menyiapkan pengamanan siber pada tahun politik. Pasalnya, tidak tertutup kemungkinan berbagai 'serangan' bisa terjadi. "Persoalan keamanan sudah pasti. Sebuah pemilu, pilkada, tentu membutuhkan keamanan. Kita siapkan yang sangat prima," jelas dia.

Solidaritas Warga untuk Polisi Korban Terorisme

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, bersama BSSN pihaknya fokus membangun sinergi jaringan informasi antara pusat dan daerah. Itu ditujukan untuk menangkal setiap potensi ancaman, termasuk terorisme.

Karena itu, Tjahjo mengaku akan segera mengumpulkan kepala daerah, khususnya Gubernur di seluruh Indonesia. Rencananya, itu dijadwalkan paling lambat pada Agustus 2018.

"Supaya gubernur itu mempunyai operational room. Yang sumber daya manusianya dilatih oleh BSSN. Sehingga seorang gubernur bisa mendeteksi dengan detail sampai rumah ke rumah di tiap RT/RW," jelasnya.

"Sehingga kuncinya menangkal setiap ancaman, setiap gangguan. Saya yakin BSSN dengan kepolisian, BIN dengan daerah akan lebih efektifikan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang lebih efektif dan efisien," pungkas Tjahjo.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini