nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bamsoet Yakin Revisi UU Terorisme Bisa Segera Selesai

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 14:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 18 337 1899848 bamsoet-yakin-revisi-uu-terorisme-bisa-segera-selesai-gdslL0btbf.jpg Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (foto: Antara)

JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) optimistis Revisi Undang undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme bisa selesai paling lama dalam satu atau dua pekan ke depan saja.

Hal ini karena DPR dan Pemerintah telah berkomitmen akan segera menyelesaikan Revisi UU Antiterorisme. Apalagi, poin yang belum disepakati hanyalah tinggal definisi terorisme saja.

Terorisme Ketua DPR Bambang Soesatyo (foto: Bayu Septianto/Okezone)

(Baca Juga: Pengesahan RUU Antiterorisme Dinilai Penting dan Mendesak)

"DPR dan Pemerintah sudah berjanji kepada publik bahwa kami akan selesaikan UU itu bersama sama dengan masyarakat, dan untuk itu kalau Pemerintah sudah satu sikap satu suara, maka DPR juga akaan menunjukan sikap yang sama dan pekan depan selesai," ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018).

Menurut Bamsoet, sudah tidak ada perdebatan tajam antara DPR dan pemerintah sejauh ini terkait norma-norma dalam revisi UU tersebut. Bamsoet meyakini pembasan di Pansus Revisi UU Terorisme hanya tinggal harmonisasi frasa-frasa norma saja.

"Kalau Senin atau Selasa kita mulai pembahasan maka Insy Allah kita bisa selesaikan," jelas Bamsoet.

Meski begitu, mantan Ketua Komisi III itu tetap tidak bisa menjamin pembahasan akan berjalan mulus. Bila pembahasan alot atau menemui kebuntuan, menurut Bamsoet masih ada penyelesaian melalui mekanisme voting.

"Ada mekanisme dimana ada kebuntuan maka ada mekanisme lain yaitu voting. Jadi bisa langkah-langkah yang bisa kita lakukan. Karena mayoritas fraksi sudah menyetujui poin-poin yg krusial kemarin dan saya melihat tidak ada poin-poin krusial lain sehingga tinggal harmonisasi frasanya saja," tukasnya.

(Baca Juga: Apakah Percepatan Pengesahan RUU Terorisme Bisa Mencegah Aksi Teror?)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini