Pernah Jadi Ketua OSIS? IPB Buka Pendaftaran Khusus, Cek di Sini

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 08:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 21 65 1900621 pernah-jadi-ketua-osis-ipb-buka-pendaftaran-khusus-cek-di-sini-Gf2VuENbUZ.jpg IPB (Foto: Okezone)

JAKARTA – Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka pendaftaran jalur khusus bagi siswa yang pernah menjadi Ketua OSIS selama di SMA. Melalui pendaftaran jalur ini, IPB hanya menerima 130-160 tempat dari kuota total 4.000 mahasiswa untuk jalur Mandiri.

Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Melansir situs IPB, Senin (21/5/2018), berikut adalah kualifikasi yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar jalur khusus ini:

1.Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA, yang di perkuat dengan surat Pernyataan Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode;

2.Lulusan tahun 2018 jurusan IPA ;

3.Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80,

4.Mengajukan lamaran kepada Rektor IPB dengan menyertakan Biodata dan kegiatan selama menjadi Ketua Osis yang diketahui oleh Kepala Sekolah,

5.Membuat Sinopsis Kontribusi untuk Pembangunan Indonesia di masa mendatang,

6.Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

Jika merasa memenuhi kualifikasi, lamaran harap dikirimkan dengan amplop tertutup dan di sebelah kanan atas ditulis “Lamaran Jalur Ketua Osis” kepada Rektor IPB cq Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB, Dramaga Bogor, 16680, mulai 1 April–1 Juni 2018 (cap pos).

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2018 di Sejumlah Daerah di Tanah Air

Berkas lamaran dimasukkan ke dalam satu amplop dan dikirimkan melalui pos ke alamat:

Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru IPB Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt.1 Kampus IPB Dramaga Bogor-Jawa Barat 16680.

Berkas Lamaran terdiri atas:

1. Surat Pernyataan Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah/sedang menjadi Ketua OSIS;

2. Surat lamaran dari siswa yang ditujukan kepada Rektor IPB

3. Fotocopy raport SMA IPA semester 1-5 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah

4. Biodata dan kegiatan selama menjadi Ketua OSIS yang diketahui oleh Kepala Sekolah, serta menyebutkan PROGRAM STUDI di IPB yang dituju (maksimal dua pilihan) dan mencantumkan alamat yang dapat dijangkau oleh pos dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

5. Membuat synopsis dengan tema kontribusi untuk pembangunan Indonesia di masa mendatang, tidak lebih dari 5 halaman A4 diketik dengan huruf Arial font 11, jarak antar baris 1.5 spasi.

Nantinya, seleksi calon mahasiswa jalur Mandiri, undangan khusus bagi ketua OSIS akan dilaksanakan selama periode 2 Juni-8 Juli, dan akan diumumkan pada 9 Juli 2018 melalui website admisi IPB dan surat pemberitahuan ke alamat pelamar. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini