5 Penawar Stres Tak Kunjung Kerja Setelah Diwisuda, Nomor 4 Paling Asik

Rani Hardjanti, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 08:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 21 65 1900849 5-penawar-stres-tak-kunjung-kerja-setelah-diwisuda-nomor-4-paling-asik-3HceoVaFk5.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Diwisuda adalah hal yang paling membahagiakan dan diimpikan oleh para mahasiswa. Sebab, wisuda merupakan puncak dari perjuangan menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Namun, situasi gembira itu bisa berubah menjadi kekhawatiran jika setelah lulus kuliah tetapi masih saja menganggur. Lamaran sudah banyak dikirimkan ke sejumlah perusahaan, berbagai interview juga sudah dilalui, namun tak kunjung mendapat pekerjaan.

Ya, situasi ini memang kerap dihadapi bagi para fresh graduate bahkan menimbulkan stres. Tetapi jangan patah semangat. Sambil menunggu panggilan kerja, ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan, sehingga kamu bisa menggunakan waktumu secara produktif. Apa saja? Berikut ini seperti dikutip hercampus, Selasa (22/5/2018).

1. Cari Pekerjaan Part Time

Jika Kamu sangat membutuhkan uang, carilah pekerjaan part time. Cobalah untuk tidak merasa bad mood bekerja sebagai pegawai part time. Anggap saja ini merupakan langkah awal yang akan membawamu ke posisi sempurna seperti yang kau harapkan.

2. Pelajari Sebuah Skill Baru atau Perdalam Hobi

Tidak ada yang salah jika kamu mengisi waktu dengan mengikuti kursus, seperti bahasa Inggris untuk memperkuat kemampunmu nanti dalam berkarier. Ikut kursus memasak juga menjadi sebuah ide menarik, di tengah tren bisnis kuliner. Carilah referensi kursus yang berkualitas dan jangan lupa sesuaikan dengan anggaranmu.

 

3. Kuliah S2

Persaingan di dunia pekerjaan saat ini sangat ketat. Tidak ada salahnya, meneliti kembali perkembangan bidang pekerjaan yang akan kamu tekuni. Apakah membutuhkan gelar master? Jika memang tuntutannya seperti itu, maka pertimbangkan masuk ke jenjang pascasarjana atau kuliah S2. Kalau kamu khawatir soal biaya yang mahal, cobalah program beasiswa.

4. Silahturahmi dengan Keluarga di Luar Kota

Belum juga dipanggil kerja bisa menimbulkan stres. Jika kamu sudah merasa sangat stres, kunjungilah keluarga yang lokasinya di luar kota. Jalinlah tali persaudaraan lebih erat, sambung lagi silaturahmi dengan sanak saudara yang jarang dikunjungi karena kesibukanmu ketika mengerjakan skripsi.

5. Ikut Komunitas

Berpartisipasilah dalam sebuah komunitas yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan digeluti. Hal ini akan menambah referensi portofoliomu. Dengan begitu ketika kamu mendapat panggilan kerja, CV mu menunjang karier yang sesuai.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini