nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan PAD, Bupati Pasangkayu Perintahkan Sekda Bentuk Tim Khusus

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 09:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 22 1 1901103 tingkatkan-pad-bupati-pasangkayu-perintahkan-sekda-bentuk-tim-khusus-8RKS42hE2C.jpeg Foto: dok Kabupaten Pasangkayu

PASANGKAYU— Pemerintah Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat menggelar rapat koordinasi dalam rangka peningkatan realisasi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2019 mendatang, Senin 21 Mei.

Rapat yang dipimpin oleh Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa dan Sekkab Pasangkayu, Firman, S.Pi, MP itu, menghadirkan sejumlah pimpinan OPD.

Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa mengatakan peningkatan PAD penting dilakukan untuk mengurangi ketergantungan APBD pada anggaran pusat. Kata dia, semua OPD terkait mesti bekerja maksimal untuk merealisasikan target PAD nya masing-masing.

Sambung dia, dalam rangka peningkatan PAD ini, OPD harus membentuk tim secara internal. Tim ini yang akan merumuskan strategi sekaligus melakukan action dilapangan.

“Saat ini jangan terlalu banyak membahas diatas meja, tapi perlu aksi nyata. Makanya OPD segera bentuk tim. Tim inilah yang bekerja dilapangan. Agar target PAD bisa dimaksimalkan” tegasnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pasangkayu, Abdul Wahid, mengatakan pada struktur APBD 2018, PAD hanya menyumbang Rp. 29.233.819.641, dari total sekira Rp. 700 miliar lebih anggaran APBD.

“Ada beberapa hal yang menjadi kendala dilapangan, semisal mengenai retribusi izin mendirikan bangunan (IMB), masih banyak bangunan di Pasangkayu yang belum memiliki IMB. Dari tahun 2011 hingga 2017, ada sekira 27.047 unit bangunan yang belum memilik IMB, 295 diantaranya merupakan bangunan peruntukan sarang walet” terangnya.

Penjabat Sekkab Pasangkayu, Firman, S.Pi, MP, mengaku akan segera mengkoordinir masing-masing OPD dalam rangka percepatan pembentukan tim PAD ini.

“Segala potensi PAD akan segera digarap secara maksimal, karena sangat berkaitan pada pembiayaan program-program preoritas Pemkab Pasangkayu pada tahun 2019 mendatang. Tim yang akan dibentuk nanti diharapkan bisa bekerja secara maksimal” harapnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini