nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Nelayan Tenggelam di Merauke, 3 Orang Hilang

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 17:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 23 340 1901839 kapal-nelayan-tenggelam-di-merauke-3-orang-hilang-9J1KYBWmvd.jpg Perahu tenggelam di Marauke (foto: Ist)

MERAUKE - Kapal Motor Nelayan (KMN) Ikhlas Jaya 02 berpenumpang sembilan orang termasuk Anak Buah Kapal (ABK), tenggelam disekitar Muara Safan, Kabupaten Merauke.

Kabid Humas Polda Papua Kombes A. M Kamal membenarkan insiden tenggelamnya Kapal Nelayan tersebut, dan 3 orang belum ditemukan.

"Kami melakukan koordinasi dengan Basarnas Merauke dan Instansi terkait untuk melakukan pencarian terhadap 3 korban yang belum ditemukan, dari jumlah keseluruhan 9 orang termasuk Nahkoda dan ABK," kata Kamal, Rabu (23/5/2018).

Diterangkan, insiden tenggelamnya Kapal Nelayan tersebut terjadi pada pukul 21.00 WIT, dengan koordinat 033’085” LS – 138 038’302” BT.

"Kapal nelayan tersebut berangkat dari Kumbe menuju perairan FGA ( fishing ground area ) yang bertujuan untuk mencari ikan, namun tiba- tiba ombak dan gelombang kuat menghantam kapal. Air masuk kedalam kapal sehingga tenggelam pada kondisi kapal masih dalam keadaan jangkaran," ungkapnya.

 Tenggelam

Semua awak kapal saat itu sembilan orang berada di atas Bruk/atap kapal sambil mengapung-apung menunggu pertolongan, karena ombak kencang menghantam terus akhirnya tiga orang terlepas dari rekan lainnya.

"Tiga orang yang hilang atas nama Sewang, Hernantok Setiawan dan Haris alias Beta, kemudian kapal KMN. Mina Maritim 135 yang sebelumnya mendengar informasi melalui Radio SSB atas musibah tersebut berhasil menyelamatkan 6 orang. Sementara 3 orang tersebut belum diketemukan,"paparnya.

Berikut identitas korban KMN Ikhlas Jaya 02 yang tenggelam:

1. Sewang (ABK, belum ditemukan)

2. Hernantok Setiawan ( ABK, belum ditemukan)

3. Haris alias Beta (ABK, belum ditemukan).

4. Muh. Arsyad alias Ical (Nahkoda, ditemukan);

5. Nuridin Bin Jaenadi alias Nur (ditemukan)

6. Ali Usman alias Aik (ditemukan)

7. Sapri (ditemukan)

8. Adirman (ditemukan)

9. Syarul (ditemukan).

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini