nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uang Tunai Sejumlah Rp404 Miliar Disita dari Apartemen Najib Razak

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 16:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 25 18 1902771 uang-tunai-sejumlah-rp404-miliar-disita-dari-apartemen-najib-razak-ahpQ76ftYp.jpg Foto: The Star.

KUALA LUMPUR – Polisi Malaysia mengungkap bahwa jumlah uang yang disita dari tiga unit apartemen Pavilion Residences milik mantan perdana menteri Najib Razak secara total berjumlah RM114 juta (sekira Rp404 miliar). Uang itu disita bersama barang mewah berupa perhiasan dan jam tangan dalam penggerebekan pekan lalu.

"Sebanyak 72 tas disita, dan dari 72 tas itu, hanya 35 tas berisi uang tunai," kata Dierktur Departemen Penyelidikan Kejahatan Komersial (CCID) Malaysia, Datuk Seri Amar Singh sebagaimana dilansir The Star, Jumat (25/5/2018).

BACA JUGA: 284 Kotak Berisi Barang Mewah dan Uang Tunai Disita dari Apartemen Najib Razak

Amar mengatakan, uang tunai yang ditemukan dalam ke-35 tas itu berasal dari 26 mata uang yang berbeda. Dibutuhkan 21 petugas bank dan 11 mesin hitung untuk menghitung jumlah total uang yang disita. Sementara 37 tas lainnya berisi perhiasan dan jam tangan.

"Kami sedang dalam proses mengautentikasi jam tangan dan perhiasan dan mendapatkan perkiraan nilai barang-barang itu," kata Amar. Kepolisian akan menggelar konferensi pers pekan depan untuk mengungkap nilai total semua barang sitaan tersebut.

BACA JUGA: Usai Digerebek Polisi, Rumah Najib Razak Berubah Jadi "Tempat Wisata"

Amar mengatakan bahwa dua dari tiga unit di Pavilion Residences yang digerebek polisi merupakan milik putra dan putri mantan perdana menteri Najib Razak. Unit ketiga tidak dihuni dan dia menolak untuk menjelaskan detailnya.

Pada Jumat pekan lalu, polisi menyita 284 kotak yang dipenuhi tas-tas desainer mewah, jam tangan, perhiasan dan uang tunai dari berbagai mata uang dari tiga kondominium di sana sebagai bagian dari penyelidikan mengenai skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Polisi juga telah menggeledah 12 lokasi dan mencatat 30 pernyataan dalam penyelidikan mereka, termasuk kantor Najib Razak di Putrajaya dan rumah dinasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini