nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Barang Kedaluwarsa Beredar di Pasar Tradisional saat Ramadan

Kuntadi, Jurnalis · Sabtu 26 Mei 2018 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 25 510 1902860 awas-barang-kedaluwarsa-beredar-di-pasar-tradisional-saat-ramadan-TjaECsmDxh.jpg

KULONPROGO - Puluhan makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa masih ditemukan petugas gabungan beredar di pasar tradisional di Kulonprogo. Dalam razia pemantauan barang beredar di Pasar Jombokan, Pengasih, Kulonprogo, Jumat (25/05/2018).

Petugas Satpol PP bersama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan da Pertanian maupun Kelautan dan Perikanan, petugas menyisir seluruh kios dan los milik pedagang. Satu- persatu sampel yang dipajang dicek kemasan maupun masa kadaluwrsa. Hasilnya ditemukan puluhan minuman dan makanan yang sudah kedaluwarsa.

“Meski sudah kedaluwarsa, barang ini masih dipajang oleh pedagang,” tutur Qomarul Hadi, Kasi Penyidikan dan Penegakan Perda, satpol PP Kulonprogo, di sela razia.

Selain kedaluwarsa, beberapa produk yang dijual kemasannya sudah penyok dan rusak. Kondisi ini tidak layak untuk dikonsumsi. Petugas juga menemukan jamu tradisional yang belum terdaftar di balai Besar Pengawaas Obat dan Makanan.

“Beberapa barang kita sita, namun ada juga yang kita musnahkan ditempat,” ujarnya.

Salah seorang pedagang, Herjani mengaku tidak sempat mengecek makanan yang ditemukan di kiosnya kedaluwarsa. Biasanya ketika ada barang datang, sales langsung meletakkan di dalam rak.

“Saya sudah cek, dan yang itu sudah saya taruh bawah,” jelasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini