nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Lion Air 2 Kali Turun Mendadak di Bandara Juanda

Syaiful Islam, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 02:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 25 519 1902453 penyebab-lion-air-2-kali-turun-mendadak-di-bandara-juanda-Ltu3cTVtwb.jpg Lion Air (Foto: Ist)

SURABAYA - Lion Air dengan rute Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur tujuan Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah bernomor JT680 dua kali mendarat kembali di bandara keberangkatan Juanda (return to base/RTB). Setelah sebelumnya sempat terbang selama beberapa menit.

Keterlambatan panjang (long delay) pada penerbangan yang seharusnya lepas landas pukul 09 50 ini, lantaran alasan teknis yakni sistem pengatur tekanan udara terganggu. Lion Air meminimalisir dampak yang bakal timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu.

 Lion Air

"Kami sampaikan mohon maaf pada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya," terang Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic of Lion Air pada Okezone saat dikonfirmasi, Kamis (24/5/2018) malam.

Danang menjelaskan, untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot berkoordonasi dengan pengelola lalu lintas udara, pengelola bandar udara serta layanan darat dan memutuskan mendarat kembali di bandara keberangkatan Juanda (return to base/RTB).

Pilot mendaratkan pesawatnya sesuai dengan standart prosedur penerbangan. Seluruh 123 penumpang dewasa, satu anak-anak, satu bayi dan 7 kru mendarat dengan selamat. Seluruh penumpang diturunkan di ruang tunggu keberangkatan.

"Pesawat sebelum mengudara dinyatakan laik terbang. Penerbangan tersebut diterbangkan kembali dengan jadwal penerbangan terbaru pada pukul 12 40 WIB dengan pesawat boeing 737-900ER," ungkap Danang.

 Lion Air

Ia menegaskan, pesawat tersebut saat dioperasikan dalam kondisi aman untuk penerbangan menuju Palangkaraya. Beberapa menit lepas landas, pilot berkoordonasi dengan pengelola lalu lintas udara, pengelola bandar udara serta layanan darat dan memutuskan mendarat kembali di bandara keberangkatan Juanda (return to base/RTB) dikarenakan alasan teknis.

Semua penumpang dan kru dalam kondisi selamat. Penumpang kembali berada di ruang tunggu. Lion Air memberikan kompensasi berupa makanan ringan dan air mineral. Setelah koordinasi dengan pelanggan, terdapat 28 orang memutuskan pengembalian dana secara tunai (refund cash) dan dua orang mengatur jadwal kembali pada hari berikutnya.

"Lion Air telah menerbangkan JT680R dengan menggunakan pesawat lain yaitu Boeing 737-900ER pada pukul 14 42 WIB," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini